Pangkostrad Dudung Sebut Semua Agama Benar, MUI: yang Beda Jangan Disama-samakan

16 September 2021, 14:50

Liputan6.com, Jakarta Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammad Cholil Nafis merespons pernyataan Panglima Kostrad (Pangkostrad), Letjen TNI Dudung Abdurachman yang mengatakan semua agama benar.

Bagi umat Islam, menurut Nafis, agama yang benar hanyalah Islam.

“Bagi kami umat Islam yang benar adalah hanya agama Islam. Kita wajib meyakininya agar iman menancap di hati. Hanya dalam kehidupan sosial berbangsa dan bernegara kita harus punya bertoleransi kpd umat beragama lain,” tulis Nafis dalam akun Twitter pribadinya, dikutip Kamis (16/9/2021).

Kendati begitu, Nafis menekankan bahwa sesama umat beragama tak boleh menyalahkan agama lain, apalagi menodainya.

“’Semua agama benar’. Itu menurut Pancasila untuk hidup bersama di Indonesia. Tapi dalam keyakinannya masing-masing pemeluk agama tetap yang benar hanya agama saya. Nah, dalam bingkai NKRI kita tak boleh menyalahkan agama lain apalagi menodai,” katanya.

Menurutnya, toleransi itu memaklumi bukan menyamakan semua agama.

“Yang sama jangan dibeda-bedakan apalagi dipertentangkan dan yang memang beda jangan disama-samakan. Namun kita tetap harus saling memaklumi dan menghargai. Begitulah makna toleransi yang saya pahami,” pungkas Cholil Nafis.

 

 

** #IngatPesanIbu 

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

#sudahdivaksintetap 3m #vaksinmelindungikitasemua

Di beberapa titik keanekaragaman budaya dan agama di Kota Bandung tercermin melalui rumah ibadah seperti masjid, gereja dan vihara sering hadir berdekatan.


https://www.liputan6.com/news/read/4659842/pangkostrad-dudung-sebut-semua-agama-benar-mui-yang-beda-jangan-disama-samakan

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi