Pandemi Memaksa Banyak Perusahaan Digitalkan Manajemen SDM

3 November 2021, 9:10

Liputan6.com, Jakarta – Perusahaan konsultan HRIS (human resources information system) yang berkantor pusat di Prancis, dalam riset internalnya mengungkapkan tren penerapan platform digital dan resource planning meningkat di banyak perusahaan selama pandemi Covid-19 sebagai respons terhadap budaya kerja jarak jauh.

Partner HR Path APAC, Sebastien Corominas, meyakini tren pengelolaan manajemen sumber daya manusia (SDM) ini akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Survei yang dilakukan HR Path menunjukkan hampir semua perusahaan memberlakukan aturan baru bagi karyawannya, untuk bekerja di kantor hanya dua atau tiga hari dalam sepekan bukan karena pandemi, tapi karena mereka merasa sudah tidak harus ke kantor.

“Ini menjadi kenormalan baru yang bukan sekadar nama, tapi memang cara kerjanya yang berubah,” ujar Sebastien melalui keterangannya, Rabu (3/11/2021).

Dengan latar belakang sebagai konsultan HR, perusahaan melihat dari kacamata HR strategis, bukan sekadar HR operation. HR Path melakukan pendekatan konsultasi yang didukung dengan solusi SAP SuccessFactors sebagai software-as-a-service (SaaS).

Platform cloud SAP SuccessFactors membuat kolaborasi menjadi menarik karena dapat diakses dari mana saja dan kapan saja tanpa tergantung tim IT yang harus memaintain.

Setiap orang bisa bekerja di mana saja karena work from home membuat timezone berbeda-beda, tidak memungkinkan lagi orang bekerja dengan single zone. Secara organisasi menjadi lebih lean, tidak hirarki, dan metrik.

 

CEO Twitter, Jack Dorsey, mengumumkan kepada seluruh karyawannya bahwa mereka dapat bekerja dari rumah selamanya, setelah pandemi Covid-19 berakhir. Ini hanya untuk pekerja di bidang pekerjaan yang dapat dilakukan di luar kantor.


https://www.liputan6.com/tekno/read/4700802/pandemi-memaksa-banyak-perusahaan-digitalkan-manajemen-sdm

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi