Pamit via Surat Lalu Kabur, Siswi SMP Hendak Temui Kenalan dari Medsos

30 May 2022, 10:09

Ngawi: Seorang siswi asal Ngawi, Jawa Timur, kabur dari rumah membawa uang Rp300 ribu dan meninggalkan surat untuk orang tuanya. Ternyata, remaja putri 13 tahun itu ditemukan di Purwokerto, Jawa Tengah. Ia ditolong oleh pengemudi travel yang dia tumpangi menuju bandung. 
 
Ayah siswi berinisial W, warga Kecamatan Mantingan, Ngawi, membenarkan anaknya ditemukan di Purwokerto. Dia dihubungi pimpinan perusahaan travel dan mengabarkan bahwa putri sulungnya berada di kantor saat hendak menuju Bandung, Jawa Barat.
 
Awalnya, sopir perusahaan travel tersebut memang hendak mengantarkan remaja itu ke Bandung. Hanya saja, saat ditanya alamat, siswi itu menjawab tak jelas. Karena berisiko, sang sopir travel mengamankan siswi tersebut di kantor perusahaan di Purwokerto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Sang pimpinan perusahaan travel lantas menghubungi polisi untuk membantu siswi tersebut agar bisa pulang. Kemudian, polisi mencocokkan ciri-ciri remaja putri itu dengan postingan dan pengumuman terkait kaburnya siswi asal Ngawi. Karena identitasnya cocok, sang pimpinan perusahaan travel menghubungi W, ayah siswi tersebut.
 
Baca juga: Kakek Berusia 70 Tahun yang Hilang di Hutan Pulau Morotai Ditemukan
 
“Saya minta video call dan memang benar anak saya ditolong oleh perusahaan travel tersebut. Saya kirimkan bukti kalau itu adalah anak saya. Kami langsung berangkat untuk menjemput ke Purwokerto. Syukurlah, anak saya tidak apa-apa. Kondisi sehat, ditolong orang baik,” kata W, Senin, 30 Mei 2022.
 
Dia membenarkan kalau anaknya semata-mata pergi dari rumah untuk menemui kenalannya di media sosial. Dari riwayat pencarian di mesin pencari dalam internet, putri W sempat mencari sebuah lokasi di Bandung Jawa Barat. 
 
Diduga, dia hendak pergi ke sana dan bertemu seseorang. Namun, riwayat obrolan di aplikasi pesan sudah dihapus.
 
“Anak saya tidak memiliki masalah apa-apa dengan keluarga di rumah. Kuat dugaan saya kalau dia hendak pergi menemui orang yang dia kenal di media sosial. Dia sendiri mengakui kalau sebenarnya takut ketika sudah berangkat. Tapi, mau mengubungi saya lebih takut lagi kalau kena marah. Pas sudah pergi itu sudah ganti nomor ponsel,” kata W.
 
Namun, dia bersyukur putrinya sudah ditemukan dengan selamat dan mendapatkan pertolongan. “Berkat doa dari semua orang, syukur anak saya sudah ditemukan kondisi selamat tidak terluka. Sudah pulang dan saat ini audah beristurahat di rumah.”
 
Seorang siswi asal Kecamatan Mantingan sebelumnya meninggalkan rumah pada Jumat, 27 Mei 2022. Dia bahkan meninggalkan surat untuk orang tuanya. 
 
Dalam surat, remaja itu menuliskan kalau hendak pamit dan bakal kembali setelah dewasa dan sudah sukses. Dia bahkan membawa uang saku Rp300 ribu untuk bekalnya kabur.
 

(MEL)


https://www.medcom.id/nasional/daerah/8N0G5XYK-pamit-via-surat-lalu-kabur-siswi-smp-hendak-temui-kenalan-dari-medsos

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi