Pameran KKI Bank Indonesia Catat Komitmen Temu Bisnis UMKM Rp 282 Miliar

30 May 2022, 17:04

Pengunjung mengamati kerajinan tas saat Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Jumat 27 Mei 2022. Pameran yang diikuti lebih dari 200 UMKM hadir secara fisik dan 500 UMKM melalui website itu menawarkan produk terkurasi antara lain kain wastra, pakaian jadi, kerajinan hingga kuliner dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas produk UMKM di Indonesia sehingga dapat menembus pasar internasional. Tempo/Tony Hartawan

TEMPO.CO, JakartaBank Indonesia (BI) mencatat komitmen temu bisnis (business matching) dalam pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2022 mencapai sebesar Rp 282,2 miliar. Nilai itu naik 36 persen secara year on year ketimbang pelaksanaan KKI tahun sebelumnya. 

“KKI sebagai panggung bersama kami harapkan dapat memberi motivasi kepada pelaku UMKM untuk terus menuju Go Digital dan Go Global, sehingga dapat semakin meningkatkan kreativitas, inovasi, dan semangat untuk terus tumbuh menjadi yang terbaik,” kata Deputi Gubernur BI Doni P. Joewono dalam keterangan tertulis Senin, 30 Mei 2022.

Pada saat yang sama, perhelatan yang digelar pada 26 hingga 29 Mei 2022 tersebut mencatat omzet sebesar Rp 28,2 miliar. Angka itu terdiri atas omzet penjualan offline Rp 9,15 miliar dan online Rp 19,05 miliar. Omzet masih akan meningkat melalui penjualan online dengan e-katalog UMKM pada web KKI.

Doni menyampaikan apresiasi kepada kementerian dan lembaga yang terlibat serta menekankan bahwa koordinasi dan sinergi ini tetap menjadi hal utama untuk pelaksanaan KKI ke depan. Adapun KKI 2022 diramaikan oleh 85.960 pengunjung/viewers yang terdiri atas pengunjung website sebanyak 36.367, pengunjung fisik sebanyak 6.975 pengunjung, dan peserta webinar sejak 18 Mei sebanyak 42.618 peserta.

BI mengklaim UMKM pada puncak perhelatan KKI kali ini mencetak berbagai kebaruan. Bukan hanya nilai kesepakatan temu bisnis dan penjualan, UMKM juga melahirkan konsep baru, seperti sustainable living, digitalisasi melalui digital fitting room, serta konsep cerdas berdaya dengan pencapaian tertinggi atas literasi perlindungan konsumen.

Adapun business matching yang digelar pada KKI 2022 diikuti oleh 174 UMKM binaan Bank Indonesia dan kementerian/lembaga, empat bank umum, delapan bank pembangunan daerah, dan dua lembaga keuangan non-bank untuk temu bisnis pembiayaan. Acara ini pun untuk temu bisnis ekspor diikuti 109 UMKM binaan lainnya, tiga agregator ekspor e-commerce, serta 14 pembeli potensial dari delapan negara.

Baca juga: Bank Indonesia Perkirakan Inflasi 0,35 Persen pada Mei 2022

Ikuti berita terkini dari Tempo di Google News, klik di sini.


https://bisnis.tempo.co/read/1596540/pameran-kki-bank-indonesia-catat-komitmen-temu-bisnis-umkm-rp-282-miliar

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi