Pabrik Sel Baterai di Karawang Siap Pasok Komponen Kendaraan Listrik Hyundai dan Kia

16 September 2021, 14:11

Pabrik Sel Baterai di Karawang Siap Pasok Komponen Kendaraan Listrik Hyundai dan Kia

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Juli 2021 lalu, Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution menandatangani nota kesepahaman atau MoU dengan pemerintah Indonesia dalam mendirikan joint venture (JV) yang membangun pabrik sel baterai kendaraan listrik berbasis baterai (BEV) di Indonesia.

Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution mengumumkan nilai investasi yang mencapai 1,1 miliar dolar AS dalam perusahaan patungantersebut, dengan masing-masing perusahaan memegang porsi saham 50 persen.

President and CEO LG Energy Solution Jong-hyun Kim menyatakan, dimulainya pembangunan pabrik sel baterai kendaraan listrik hari ini di Karawang menandai langkah besar dalam memulai era baru industri baterai untuk kendaraan listrik di Indonesia, seiring dengan pembangunan pabrik manufaktur sel baterai pertama di Indonesia.

Baca juga: Pabrik Sel Baterai Kendaraan Listrik Hyundai-LG Energy Mulai Berproduksi Awal 2024

“Bersama-sama, melalui kemitraan joint venture ini, kita telah selangkah lebih maju dalam membangun rantai pasokan komprehensif kendaraan listrik yang pertama di dunia,” ujarnya.

Baca juga: Pabrik Baterai Kendaraan Listrik Pertama di Asia Tenggara Resmi Dibangun di Karawang

“LG Energy Solution akan melakukan yang terbaik untuk mengembangkan fasilitas manufaktur sel baterai bersama ini agar menjadi basis utama dalam memenangkan pasar kendaraan listrik global,” ungkap Jong-hyun Kim.

Baca juga: Jokowi Yakin 3-4 Tahun Lagi Indonesia Jadi Produsen Utama Produk Berbasis Nikel

Sel baterai yang diproduksi di Karawang ini akan diaplikasikan pada model kendaraan listrik milik Hyundai Motor dan Kia yang dibangun di atas platform khusus BEV dari Hyundai Motor Group, yaitu Electric-Global Modular Platform (E-GMP).

Pabrik baru ini di Karawang akan membantu Hyundai dan Kia memproduksi kendaraan dengan efisiensi, performa dan keamanan tingkat tinggi dengan cara memasok sel baterai yang dioptimalkan untuk berbagai model BEV dari kedua perusahaan otomotif tersebut.

Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution berharap untuk mendapatkan pasokan sel baterai kendaraan listrik yang stabil di tahun-tahun mendatang, menyusul permintaan global atas kendaraan listrik yang terus meningkat.

Hyundai juga akan berkontribusi pada peningkatan efisiensi produksi pabrik didukung oleh keahliannya dalam hal manufaktur kendaraan dan kompartemen.

Hyundai Motor Group juga akan mendukung JV tersebut untuk memproduksi sel baterai dengan tingkat performa dan keamanan terdepan yang didukung oleh sistem pengelolaan terintegrasi. 

Pemerintah Indonesia setuju untuk menawarkan berbagai insentif dan dukungan demi turut mendukung stabilitas dari sisi operasional pabrik tersebut.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2021/09/15/pabrik-sel-baterai-di-karawang-siap-pasok-komponen-kendaraan-listrik-hyundai-dan-kia

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi