Otorita Ibu Kota Nusantara Maksimalkan Pembangunan Sistem Teknologi

19 August 2022, 2:45

KBRN, Jakarta: Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono ingin mewujudkan sistem teknologi yang membantu kehidupan sehari-hari di IKN. Hal tersebut disampaikan dalam “Bincang Asik di Titik Nol” diselenggarakan di Titik Nol Ibu Kota Nusantara, Kamis (18/8/2022) siang.

“Kota cerdas akan kita wujudkan dalam bentuk kota yang memiliki kecanggihan teknologi. Yang bisa membantu kita dalam kehidupan sehari-hari,” kata Bambang di acara bertema dengan tema “IKN dan Indonesia Emas 2045: Transformasi dan Inovasi dalam Konteks Kemerdekaan” tersebut.

Ketua Umum Siberkreasi Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Yosi Mokalu menyampaikan, Indonesia sedang berada pada perubahan menuju digital nation. “Internet user kita tinggi sekali dan perilaku kita semakin digital, akses internet per hari rata-rata 8 jam 52 menit,” kata Yosi.

Ketua Ikatan Mahasiswa Perencanaan Indonesia Aldi Fauzan Mawardi berharap dari sisi perencanaan tata ruang perlu mengutamakan aspek smart, inclusive, dan sustainable. “Aspek smart tercermin dalam penerapan e-governance, transparasi data pembangunan dan sosialisasi publik, juga pengembangan teknologi phase 4.0,” ujar Aldi.

Tak hanya itu, perwakilan Forum Indonesia Muda Regional Kalimantan Aliya Nurarifa mengingatkan agar di IKN nanti aspek planet, profit, dan people harus saling berkesinambungan. “Pembangunan tidak hanya berfokus pada peningkatan ekonomi untuk memenuhi kepentingan politik tapi juga memperhatikan fungsi ekologis,” kata Aliya.

Sebelumnya, Kamis pagi, Kepala OIKN meresmikan Micro Edge Data Center Sepaku di Site Telkom Sepaku dan Pusat Komunitas Digital Sepaku. Kegiatan di Kantor Desa Bukit Raya, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur. 


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1588779/otorita-ibu-kota-nusantara-maksimalkan-pembangunan-sistem-teknologi?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi