Oppo Luncurkan Sederet Seri Reno8 dan Perangkat IoT Terbaru

16 August 2022, 9:23

KOMPAS.com – Setelah melewati sejumlah tahap perkenalan, Oppo Reno8 Series resmi meluncur ke pasar Indonesia, Senin (15/8/2022). Seri ini terdiri dari Oppo Reno8 Pro 5G, Oppo Reno8 5G, Oppo Reno8 Z 5G, dan Oppo Reno8.

Peluncuran tersebut dilakukan secara daring melalui media sosial Oppo Indonesia, seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan Twitter pada pukul 12.00 Waktu Indonesia bagian Barat (WIB).

Sama seperti pendahulunya, keempat smartphone anyar tersebut hadir dengan mengusung keunggulan pada sektor kamera yang menjadikannya The Portrait Expert. Meski Oppo Reno8 Series merupakan ponsel mid-range, kesan flagship terasa dan teraplikasikan baik di segala sisi, mulai dari desain, bodi, kamera, hingga prosesor.

Terlebih, salah satu varian Oppo Reno8 Series dilengkapi teknologi pencitraan khusus, yakni chipset MariSilicon X.

Lantas, apa saja keunggulan dari masing-masing Oppo Reno8 Series? Berikut ulasannya.

Oppo Reno8 Pro 5G

Secara hierarki, Oppo Reno8 Pro 5G merupakan seri tertinggi di lini Reno8 karena dibekali MariSilicon X, yaitu neural processing unit (NPU) berukuran 6 nanometer (nm) yang merupakan hasil pengembangan Oppo.

Dikombinasikan dengan image signal processor (ISP) dan arsitektur multi-tier memory, chipset tersebut membuat smartphone ini mampu menghadirkan berbagai fitur kamera inovatif dan menghasilkan gambar yang lebih jernih.

Tampilan bodi Oppo Reno Pro 5G (Dok. Oppo Indonesia)Oppo Indonesia Tampilan bodi Oppo Reno Pro 5G (Dok. Oppo Indonesia)

Terlebih, Oppo Reno8 Pro 5G sudah menggunakan Dual Sony Flagship Sensors, yaitu sensor IMX766 beresolusi 50 megapiksel (MP) pada kamera utama belakang dan sensor IMX709 RGBW beresolusi 32 MP yang merupakan generasi terbaru pada kamera depan.

Seluruh dukungan dan kemampuan tersebut semakin mempertegas tagline yang diusungnya, yaitu “The Portrait Expert”.

Tak hanya unggul dari segi kamera, Oppo Reno8 Pro 5G juga mumpuni secara performa. Pasalnya, smartphone ini ditenagai MediaTek Dimensity 8100-MAX 5G SoC dengan dukungan random access memory (RAM) sebesar 12 gigabita (GB) dan memori penyimpanan internal hingga 256 GB yang dapat diekspansi hingga 1 terabita (TB).

Baca juga: Segera Meluncur, Oppo Reno8 Series Bawa Desain dan Kamera Kelas Flagship

Kehadiran baterai berkapasitas 4.500 miliampere per hour (mAh) dengan dukungan fitur pengisian cepat yang ditingkatkan, yakni 80W SUPERVOOC, serta tambahan fitur Battery Health Engine kian menambah daftar keunggulan Oppo Reno8 Pro 5G.

Pengalaman berponsel dengan Oppo Reno8 Pro 5G juga semakin fantastis berkat dukungan sistem ColorOS 12.1 yang lebih cerdas, lebih personal, dan lebih aman.

Dari segi desain, ponsel ini mengusung konsep Streamlined Unibody Design dengan balutan Corning Gorilla Glass. Dimensinya sendiri memiliki tebal 7,34 milimeter (mm) dan bobot sekitar 183 gram. Di atas bodi menarik itu, tertanam layar AMOLED seluas 6,7 inci dengan refresh rate 120 Hertz (Hz).

Oppo Reno8 5G

Secara spesifikasi, Oppo Reno8 5G tak jauh beda dengan varian sebelumnya, khususnya dari sistem perkameraan. Meski tidak memiliki dukungan MariSilicon X, smartphone ini tetap mampu menghasilkan jepretan dan video yang ciamik.

Itu karena Oppo Reno8 5G didukung Dual Sony Flagship Sensors, IMX709 RGBW generasi baru pada kamera depan dan IMX766 pada kamera belakang.

Ditambah lagi, smartphone tersebut mampu menjalani sejumlah fitur pencitraan berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Sebut saja, Ultra night video dan Night portrait yang memberikan hasil akhir gambar profesional.

Bodi Oppo Reno8 5G dengan tampilan flagship (Dok. Oppo Indonesia)Oppo Indonesia Bodi Oppo Reno8 5G dengan tampilan flagship (Dok. Oppo Indonesia)

Dari segi performa, Oppo Reno8 5G ditenagai prosesor MediaTek Dimensity 1300 5G SoC dengan dukungan RAM 8 GB dan memori penyimpanan 256 GB yang dapat diekspansi hingga 1 TB.

Perangkat juga sudah berjalan pada sistem operasi ColorOS 12.1. Tak heran jika Oppo Reno8 5G memiliki kinerja yang andal.

Urusan daya, Oppo Reno8 5G dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan dukungan fitur pengisian cepat 80W SUPERVOOC dan dilengkapi sistem pendingin Liquide Super-Conductive Vapor Chamber (VC) yang ditingkatkan.

Dengan begitu, pengisian daya 50 persen bisa dilakukan hanya dalam 11 menit tanpa risiko overheating.

Dari segi tampilan, smartphone tersebut mengusung konsep Streamlined Unibody Design yang menampilkan efek visual gradien dan estetika layaknya smartphone flagship.

Oppo Reno8 Z 5G

Sebagai bagian dari The Portrait Expert, sistem kamera mumpuni juga disematkan Oppo pada Oppo Reno8 Z 5G. Ini terlihat dari keberadaan lensa utama 16 MP, lensa deepth 2 MP, dan lensa makro 2 MP pada kamera belakang, serta kamera depan dengan resolusi 16 MP.

Selain itu, model tersebut juga didukung sejumlah fitur pencitraan yang disempurnakan, seperti AI Portrait Retouching dan Bokeh Flare Portrait. Fitur favorit Reno Series, seperti Selfie HDR, AI Palettes, AI Color Portrait juga hadir pada perangkat ini.

Tampilan bodi Oppo Reno8 Z 5G yang berkilau (Dok. Oppo Indonesia)Oppo Indonesia Tampilan bodi Oppo Reno8 Z 5G yang berkilau (Dok. Oppo Indonesia)

Di samping kemampuannya dalam membidik obyek, Oppo Reno8 Z 5G juga andal dari segi performa. Ini lantaran dukungan prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 695 5G yang kerjanya semakin baik berkat RAM 8GB dan memori penyimpanan 256GB.

Baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan fitur pengisian cepat 33W SUPERVOOC mendukung performa terbaik smartphone tersebut.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi Oppo Reno8 Z 5G Muncul di Geekbench, Punya RAM 8 GB?

Secara tampilan, Oppo Reno8 Z 5G memiliki casing belakang kaca anti-glare 0,5 mm dengan efek Oppo Glow, yaitu lapisan khusus yang mampu memancarkan kilauan saat perangkat dilihat dari berbagai macam sudut.

Oppo Reno8

Hal menarik pertama dari varian terakhir Oppo Reno8 Series, yakni desainnya yang ikonik karena mengusung konsep Retro Ultra Slim. Konsep tersebut membuat tampilannya terlihat ramping dan stylish.

Dari segi kamera, Oppo Reno8 menghadirkan fitur Ultra-sensing Selfie melalui sensor IMX709 pada kamera depan, Microlens, dan Bokeh Flare Portrait, yang menghasilkan pengalaman fotografi terbaik. Kehadiran fitur Orbit Light sebagai sumber cahaya semakin menyempurnakan detail tangkapan gambar.

Oppo Reno8 dengan tampilan bodi ramping dan stylish (Dok. Oppo Indonesia)Oppo Indonesia Oppo Reno8 dengan tampilan bodi ramping dan stylish (Dok. Oppo Indonesia)

Oppo Reno8 juga andal dari segi kinerja karena ditenagai prosesor Qualcomm Snapdragon 680 4G dengan dukungan RAM 8 GB dan read-only memory (ROM) 256 GM yang dapat diekspansi hingga 1 TB.

Belum lagi eksistensi baterai berkapasitas 4.500 mAh dilengkapi 33W SUPERVOOC yang membuat perangkat dapat terisi daya 100 persen hanya dalam waktu 60 menit.

Smartphone tersebut makin menarik karena mampu berjalan pada sistem ColorOS 12 dan dilengkapi fitur AI System Booster, Air Gestures, dan Adaptive Sleep.

Sebagai informasi, pada peluncuran Oppo Reno8 Series, Oppo juga merilis sejumlah perangkat Internet of Things (IoT) terbaru, seperti tablet OPPO Pad Air dan dua buah true wireless stereo (TWS), yakni OPPO Enco Air2 Pro dan OPPO Enco Buds 2.

Hal tersebut merupakan komitmen Oppo sebagai brand premium dan hi-tech berskala internasional dalam memenuhi kebutuhan pelanggan akan perangkat berteknologi canggih.

Untuk melihat keseruan peluncuran dan mencari tahu lebih lanjut mengenai Oppo Reno8 Series serta perangkat IoT terbaru, silakan klik tautan ini 


https://tekno.kompas.com/read/2022/08/15/22335907/oppo-luncurkan-sederet-seri-reno8-dan-perangkat-iot-terbaru

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi