Olah Limbah Cetakan Sarung Tangan, Mark Dynamics Tingkatkan Kapasitas Produksi Sanitari

30 May 2022, 22:07

JAKARTA, KOMPAS.com – Produsen dan eksportir cetakan sarung tangan PT Mark Dynamics Indonesia Tbk (MARK) berencana menambah kapasitas produksi sanitari, sebagai salah satu upaya ekspansi bisnis perusahaan.

Direktur Utama MARK Ridwan Goh mengatakan, perseroan menggunakan sisa bahan baku produksi cetakan sarung tangan dalam memproduksi sanitari berupa kloset jongkok.

Penggunaan sisa bahan baku atau waste tersebut merupakan salah satu bentuk pengolahan limbah perseroan.

“Kami berencana menambah mesin pencetak sanitari yang sudah kami pesan dari Inggris yang dibeli senilai Rp 10 miliar,” ujar Ridwan dalam keterangannya, Senin (30/5/2022).

“Nantinya kapasitas produksi sanitari akan menjadi 30.000 unit per bulan dari sebelumnya 12.000 unit per bulan,” tambahnya.

Baca juga: Meski Pandemi Covid-19 Mereda, Permintaan Sarung Tangan Karet Diprediksi Tetap Tinggi

Lebih lanjut Ia bilang, pembelian mesin sanitari sendiri sebenarnya sudah masuk ke dalam bagian dari belanja modal (capital expenditure/capex) MARK tahun buku 2022 senilai Rp 20 miliar.

“Penambahan mesin produk sanitari ini merupakan ikhtiar perseroan untuk mengintegrasikan praktik terbaik (best practices) ESG,” kata Ridwan.

Peningkatan kapasitas produk sanitari selaras dengan rencana penambahan kapasitas produksi cetakan sarung tangan perseroan, menjadi 2 juta unit per bulan dari 1,5 juta unit per bulan.

“Nah, sisa bahan baku dari penambahan produksi ini akan kami olah menjadi produk sanitari. Maknya, kami membeli mesin dari Inggris untuk menambah produksi sanitari di semester II tahun ini,” ucap Ridwan.

Baca juga: Didominasi Ekspor, Mark Dynamics Raup Penjualan Rp 88,06 Miliar di Kuartal I 2019

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/210000026/olah-limbah-cetakan-sarung-tangan-mark-dynamics-tingkatkan-kapasitas-produksi

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi