Novak Djokovic Tunggu Keputusan Visa Pemerintah Australia

14 January 2022, 9:00

Supianto | Jum’at, 14/01/2022 08:26 WIB

Djokovic, juara bertahan, diikutsertakan dalam undian Kamis sebagai unggulan teratas dan akan menghadapi sesama petenis Serbia Miomir Kecmanovic untuk pertandingan pembukaannya, kemungkinan Senin atau Selasa.

Novak Djokovic (Foto: BBC)

MELBOURNE, Jurnas.com – Petenis nomor satu dunia Novak Djokovic sedang menunggu pada Jumat mendengar apakah pemerintah Australia akan membatalkan visanya untuk kedua kalinya, saat ia mengajukan tawaran rekor gelar tenis utama ke-21 di Australia Terbuka mulai Senin.

Dikutip dari Reuters, Djokovic, juara bertahan, diikutsertakan dalam undian Kamis sebagai unggulan teratas dan akan menghadapi sesama petenis Serbia Miomir Kecmanovic untuk pertandingan pembukaannya, kemungkinan Senin atau Selasa.

Keputusan untuk membatalkan visanya lagi dapat memicu pertarungan pengadilan kedua oleh bintang tenis Serbia itu, setelah pengadilan membatalkan pencabutan sebelumnya dan membebaskannya dari penahanan imigrasi pada Senin.

Surat kabar Melbourne The Age mengutip sumber di Partai Liberal Perdana Menteri Scott Morrison yang mengatakan pemerintah “sangat condong” untuk mencabut visa lagi.

Djokovic, seorang skeptis terhadap vaksin, memicu kemarahan yang meluas di Australia ketika dia mengumumkan pekan lalu bahwa dia akan pergi ke Melbourne untuk Australia Terbuka dengan pengecualian medis untuk persyaratan bagi pengunjung untuk diinokulasi terhadap COVID-19.

Australia telah mengalami beberapa penguncian terlama di dunia, memiliki tingkat vaksinasi 90 persen di antara orang dewasa, dan telah menyaksikan wabah Omicron yang membawa hampir satu juta kasus dalam dua minggu terakhir.

Menteri Keuangan Simon Birmingham mengatakan di televisi pagi pada hari Jumat bahwa keputusan visa adalah masalah Menteri Imigrasi Alex Hawke, tetapi pengaturan kebijakan pemerintah secara keseluruhan “sangat jelas”.

“Itu adalah bahwa orang yang memasuki Australia yang bukan warga negara Australia harus divaksinasi dosis ganda kecuali mereka memiliki pengecualian medis yang jelas dan sah terhadap itu,” katanya di Today Show Channel 9.

Sebuah jajak pendapat online oleh kelompok media News Corp menemukan bahwa 83 persen mendukung pemerintah yang mencoba mendeportasi bintang tenis itu.

Namun, para penggemar, termasuk banyak orang Australia Serbia, memberinya dukungan yang gaduh ketika dia ditahan, anti-vaxxers memuji dia sebagai pahlawan, dan keluarganya menggambarkan dia sebagai pembela hak-hak individu.

Komite untuk Melbourne, yang mewakili para pemimpin bisnis dan seni, mengatakan reputasi kota itu sebagai tuan rumah acara telah dirusak oleh perselisihan tersebut.

“Visa Djokovic dan kisah vaksinasi telah berdampak buruk pada semua yang terlibat, yang merupakan tragedi mengingat keunggulan infrastruktur dan perencanaan turnamen kami,” kata ketua eksekutif komite Martine Letts kepada The Age.

TAGS : Novak Djokovic Australia Open Petenis Serbia


https://www.jurnas.com/artikel/109359/Novak-Djokovic-Tunggu-Keputusan-Visa-Pemerintah-Australia/

Media

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi