Nilai Tukar Rupiah Hari Ini Masih Tertekan

16 August 2022, 12:05

JAKARTA, KOMPAS.comNilai tukar rupiah terhadap dollar AS di pasar spot pada sesi perdagangan Selasa (16/8/2022) pagi hari masih melemah. Pelemahan ini mengekor sejumlah mata uang kawasan Asia lainnya.

Mengacu kepada data Bloomberg, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS dibuka pada level Rp 14.772 per dollar AS, melemah dibanding level penutupan sebelumnya sebesar Rp 14.741,5 per dollar AS.

Terpantau nilai tukar rupiah terus bergerak di zona negatif, di mana sampai dengan pukul 11.30 nilai tukar rupiah terhadap dollar AS berada pada posisi Rp 14.756,5 dollar AS, melemah 15 poin atau 0,1 persen.

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah Melemah 0,5 Persen, 1 Dollar AS Setara Rp 14.742

Bukan hanya terhadap rupiah, indeks dollar AS pada awal pekan ini terpantau kembali menguat terhadap mata uang lain di kawasan Asia, mulai dari peso Filipina, won Korea Selatan, yuan China, hingga ringgit Malaysia.

Penguatan indeks dollar AS masih disebabkan oleh sentimen pengetatan kebijakan moneter bank sentral AS, The Federal Reserve (The Fed). Meskipun inflasi di Negeri Paman Sam menunjukan perlambatan, sejumlah petinggi The Fed memberikan sinyal, bank sentral akan tetap agresif menaikkan suku bunga acuannya, untuk mengendalikan lonjakan harga.

“Jadi ini mendorong penguatan dollar terhadap mata uang lainnya,” ujar Analis PT Sinarmas Futures, Ariston Tjendra, kepada Kompas.com, Selasa (16/8/2022).

Baca juga: Nilai Tukar Rupiah Ditutup Melemah ke Rp 14.870,5 per Dollar AS

Selain itu, menurunnya data perekonomian China juga akan menjadi perhatian pasar. Menurunnya data produksi dan penjualan ritel Negeri Tirai Bambu membuat pasar semakin khawatir akan terjadinya perlambatan ekonomi global.

“Ini memberikan dampak negatif ke aset berisiko seperti rupiah,” kata Ariston.

Namun demikian, data neraca dagang Juli 2022 RI yang kembali mencatatkan surplus dinilai masih akan mampu meredam pelemahan nilai tukar rupiah hari ini. Bahkan, data yang menunjukan kondisi perekonomian nasional masih baik itu mampu mendorong nilai tukar rupiah untuk menguat.

Rupiah hari ini potensi pelemahan ke area Rp 14.870, dengan support di kisaran Rp 14.700,” ucap Ariston.

Baca juga: Rupiah Perkasa, Simak Kurs IDR-USD di 5 Bank Hari Ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/08/16/115600126/nilai-tukar-rupiah-hari-ini-masih-tertekan

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi