NasDem Minta Semua Pihak Mewaspadai Kasus Gagal Ginjal Akut

23 October 2022, 5:45

Jakarta: Partai NasDem meminta semua pihak mewaspadai kasus gagal ginjal akut. Sebab, jumlah anak yang mengalami penyakit tersebut terus meningkat.
 
“Kita harus waspada pada semua kondisi,” kata Ketua DPP Partai NasDem Bidang Perempuan dan Anak, Amelia Anggraini, melalui keterangan tertulis, Sabtu, 22 Oktober 2022.
 
Kementerian Kesehatan (Kemenkes), kata dia, perlu memitigasi kasus gagal ginjal akut misterius. Mitigasi mutlak perlu dilakukan agar mendapatkan solusi yang tepat.

-?

Mitigasi itu meliputi menyisir seluruh fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia untuk mendapatkan data anak penderita gagal ginjal akut yang akurat. Kemudian, mendeteksi sumber masalah penyebab gagal ginjal selain dari obat sirup.
 

“Lalu, penanganan anak-anak yang sedang berjuang sembuh, dan pembenahan tata kelola pharmacology dalam negeri,” ucap Amelia. 
 
Ia menyoroti 22 provinsi yang positif dengan kasus anak gagal ginjal akut. Berarti, kata Amelia, bukan hanya di wilayah yang sudah terlapor tetapi juga penambahan berpotensi terjadi di daerah lain yang kini masih nol kasus. 
 
“Angka yang sekarang belum final. Kemenkes harus menyisir setiap faskes di seluruh Indonesia mulai dari Puskesmas, klinik, dan RSUD bahkan kalau perlu melibatkan kader posyandu karena erat kaitannya dengan anak. Hal ini dilakukan agar datanya valid dan cepat tertangani,” ucap Amelia. 
(ADN)

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi