Nasdem Akui Dorong Anies Temui Rizieq Shihab hingga Panglima TNI Andika Perkasa

23 October 2022, 16:32

JAKARTA, KOMPAS.com – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim mengakui pihaknya mendorong Anies Baswedan untuk bertemu dengan eks pimpinan Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab hingga Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Pertemuan Anies dengan Rizieq maupun Andika dilakukan usai Nasdem mendeklarasikan Anies sebagai bakal calon presiden (capres). “Ya jadi gini, Pak Anies itu kita dorong bertemu siapa saja, bahkan dengan Habib Rizieq kita yang dorong,” ujar Taslim saat ditemui di Hotel Amaris, Jakarta Pusat, Minggu (23/10/2022). Taslim menekankan, jika ingin membangun bangsa, maka semua komponen anak bangsa harus diperhatikan tanpa terkecuali.
Baca juga: Jika Sama-sama Maju Pilpres, Ganjar-Prabowo-Anies Diprediksi Berebut Tiket Putaran Kedua Dia lantas menyinggung pemerintah yang juga pernah merangkul mantan teroris. “Coba perhatikan pemerintah, mantan-mantan teroris, mantan-mantan penjahat, dirangkul sama pemerintah. Masa Anies enggak boleh ketemu,” tuturnya. “Jadi Anies boleh ketemu siapa saja dan itu bagian dari silaturahmi kebangsaan yang terus menerus harus kita kembangkan,” sambung Taslim.
Anies bertemu Rizieq dan Andika
Diketahui, Anies Baswedan mengaku telah bertemu Rizieq Shihab pada Jumat (7/10/2022).
Namun, Anies mengaku, tak ada pembahasan apapun dalam pertemuan itu, selain menghadiri proses pernikahan putri Rizieq. “Tidak ngobrol macam-macam,” kata Anies saat ditemui di Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, Sabtu (8/10/2022).
Baca juga: Survei SMRC Ungkap Elektabilitas Prabowo Stagnan, Bakal Disalip Anies? Anies kembali menegaskan kedatangannya ke rumah Rizieq itu hanya memenuhi undangan pernikahan sekaligus Maulid Nabi Muhammad SAW. “Semua yang hadir diminta ngasih sambutan. Di sana sambutan juga,” kata Anies.
Beberapa hari kemudian, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima kunjungan Anies Baswedan di Sub Detasemen (Subden) Mabes TNI, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
Momen pertemuan keduanya terlihat sebagaimana unggahan dalam Youtube Jenderal TNI Andika Perkasa, Jumat (14/10/2022). Saat menyapa Anies yang sudah berada di ruang tamu, Andika tampak memberikan salam hormat sembari melepas senyumnya. Anies pun membalas salam hormat Andika. Sembari menuju ke tempat pertemuan, Andika menyampaikan kepada Anies bahwa Subden Mabes TNI menjadi kantor sementaranya.
Baca juga: Surya Paloh Tegaskan Pertemuan Anies dengan Jokowi Bukan Permintaan Nasdem Sedangkan, kantornya yang berada di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, sedang direnovasi. “Ini kantor sementara, karena kita renovasi,” ujar Andika. Kepada Anies, Andika juga menjelaskan mengenai awal mula beroperasinya Gedung Mabes TNI di Cilangkap. Andika mengatakan bahwa Mabes TNI dibangun pada awal 1980-an hingga hampir 1990-an. Beroperasinya Gedung Mabes TNI juga tak lepas karena jabatan Menteri Pertahanan dan Keamanan (Menhankam) dan Panglima ABRI (Pangab) dipisah yang sebelumnya menjadi satu. Ketika jabatan tersebut dipisah, pemerintah kemudian mendirikan Gedung Mabes TNI di Cilangkap. “Pangabnya di Cilangkap. Hanya Angkatan Darat (AD) yang gak enggak pindah. Udara, Laut, sudah pindah semua di sana jadi satu,” ujar Andika. Di penghujung pertemuan, Andika menyempatkan untuk mengantarkan Anies menuju mobil yang akan membawanya pergi. Pada momen ini, Anies mengatakan suatu saat akan menemuinya lagi apabila renovasi kantornya sudah rampung. “Kapan-kapan saya mampir nanti,” ucap Anies. Andika pun memastikan akan mengundang Anies. “Kalau sudah jadi, saya undang makan,” imbuh Andika.
-. – “-“, -. –

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi