Naga Pasar Swalayan Plaza Pondok Gede Terbakar

16 September 2021, 14:40

KBRN, Bekasi: Kebakaran terjadi di wilayah Pondok Gede Plaza, tepatnya di Naga Pasar Swalayan.  

Menurut laporan masuk ke Damkar Kota Bekasi, kebakaran ini terjadi pada pukul 07.30 WIB. Kemudian Unit dari Damkar yang tiba pada 07.50 WIB selesai penanganan pada pukul 10.00 WIB.

“Kami menerjukan pasukan sebanyak 65 personil dengan 8 (Delapan) unit mobil pemadam kebakaran (damkar),” Kasie Damkar Kota Bekasi, Heri Kurnianto saat ditemui RRI.co.id, Kamis (16/9/2021).

Berdasarkan informasi, tidak ada korban jiwa dan luka-luka dalam kejadian tersebut. Dugaan sementara kebakaran terjadi karena kosleting listrik.

Heri mengeluhkan, ada beberapa kendala, dari pasukan personil, dalam penanganan selain ruangan yang tertutup dan ventilasi udara tidak terlalu banyak dengan kondisi oksigen yang kurang banyak.

“Untuk kerugian belum bisa diinformasikan karena pihak manajemen belum ada yang dapat dimintai keterangan dan informasi, lebih lanjut” kata Heri.

Kondisi yang terbakar sedikit hanya gudang saja. Dugaan sementara, kebakaran terjadi karena kosleting pada instalasi listrik sehingga menyebabkan kebakaran.

Pihak pengembang masih menghitung berapa jumlah kerugian. Diduga kejadian tersebut penyebabnya yaitu, kosleting listrik yang berawal dari frezer merambat ke bahan- bahan yang mudah terbakar di sekitar frezer.

“Imbauan kepada pengusaha dan masyarakat lebih memperhatikan jaringan listrik yang ada di rumah dan toko. Untuk pemakaian listrik jangan melebihi kapasitas karena bisa memicu konsleting listrik,” tuturnya.

Berdasarkan pantauan RRI.co.id, tidak ada aktivitas di dalam Naga Pasar Swalayan sejak kejadian kebakaran. Hanya saja terlihat beberapa personil pihak kepolisian sedang berjaga-jaga dan garis polisi sudah terpasang di area tangga langsung untuk menuju ke arah Naga Pasar Swalayan, bahkan api berhasil dipadamkan oleh pihak Damkar Kota Bekasi.

Tak hanya itu, saat ini terlihat juga karyawan naga dan petugas cleaning service sedang membersihkan sisa kebakaran di lokasi dan terlihat juga kotoran sampah yang terdapat dalam sebuah karung.

“Ada puluhan karung yang terlihat menumpuk didepan Naga Pasar Swalayan, tepatnya depan tangga langsung yang berada di lokasi kejadian,” paparnya.

Untuk personil yang ada di lokasi terdiri dari Damkar Kota Bekasi, Babinsa, Bimaspol, Satpol PP, Dishub, Puskesmas, PMI.

“Ada 8 unit mobil yang ada di lokasi terdiri dari 2 Unit Markas Komando, 2 Unit Sektor Jatisampurna, 2 Unit Sektor Rawalumbu, 1 Unit Rescue, 1 Unit Rousan Bauwer, 1 Unit Light Resque.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1190741/naga-pasar-swalayan-plaza-pondok-gede-terbakar?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi