Nadiem: Mahir Berbahasa Indonesia, Negara Maju

2 November 2021, 23:23

Nadiem: Mahir Berbahasa Indonesia, Negara Maju

Jakarta: Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi menyebut kemahiran berbahasa Indonesia bisa membantu memajukan negara. Penggunaan bahasa Indonesia menjadi penting di tengah globalisasi yang menuntut kemampuan berbahasa asing.

“Mahir berbahasa Indonesia, maka bisa membuat negara yang maju di masa mendatang,” ujar Nadiem secara virtual dalam Seminar dan Lokakarya Kemahiran Berbahasa Indonesia, Selasa, 2 November 2021.

Dia mengatakan Presiden Pertama Indonesia Soekarno pun memandatkan agar bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan yang bersifat demokratis. Menurut dia, bahasa yang demokratis ialah bahasa yang mengakui kemerdekaan setiap orang, mencerminkan keadilan sosial, dan menggiatkan demokrasi Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

Nadiem menambahkan, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa terus mendorong peningkatan kemampuan bahasa Indonesia melalui berbagai program. Salah satunya, melalui asemen pembelajaran yaitu Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI).

Baca: Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia Diusulkan Jadi Syarat Masuk TKA

Situs UKBI, kata dia, bisa digunakan untuk latihan melalui simulasi dan berbagai panduan UKBI. Menurutnya, mahir berbahasa Indonesia akan membawa manfaat di masa depan sebagai negara yang berbeda dan demokratis.

“Mari kita utamakan dan kuasai bahasa Indonesia demi mewujudkan Merdeka Belajar,” terangnya.

Nadiem pun mengajak masyarakat untuk menjunjung komitmen bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. “Kita harus selalu mengingatkan dan menyiapkan anak-anak kita, bahwa menggunakan bahasa indonesia adalah mengakui kemerdekaan bahasa,” tuturnya.


Tokoh

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi