Mobil Balap Formula E Sudah Dipindah ke Jakarta International E-prix Circuit

30 May 2022, 11:04

Foto udara Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) di kawasan Ancol, Jakarta, Kamis, 19 Mei 2022.  Ajang balap tersebut diharapkan dapat mempromosikan penggunaan kendaraan listrik di Indonesia untuk mengurangi dampak pencemaran udara. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

TEMPO.CO, Jakarta – Vice President Infrastructure & General Affairs OC Jakarta E-Prix 2022 Irawan Sucahyono mengatakan bahwa mobil balap Formula E sudah mulai dipindahkan ke Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) pada Minggu, 29 Mei 2022.

“Sudah mulai masuk ke arena sirkuit, Senin, 30 Mei 2022 terakhirnya, jadi prosesnya dua hari,” ujar dia dalam konferensi pers di Pullman Hotel, Jakarta Pusat, pada Ahad, 29 Mei 2022.

Sebelumnya setelah sampai di Indonesia, mobil-mobil balap listrik itu untuk sementara diparkir di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Total ada tiga pesawat yang mengangkut 45 truk berisikan mobil balap Formula E. Pengiriman mobil berlangsung tiga hari pada 22-24 Mei 2022.

Sementara untuk pembalapnya, Irawan melanjutkan, akan mulai berdatangan hari ini dan besok, Selasa 31 Mei 2022. “Jadi ini sudah dekat sekali, H-6 yang dibicarakan sudah balapannya,” tutur dia.

Sedangkan untuk sirkuit dan infrastruktur lainnya sudah mencapai 90 persen. “Itu yang sudah dipersiapkan,” kata Irawan.

Dia menjelaskan bahwa hingga saat ini pihaknya telah menyelesaikan tahapan infrastruktur yang dibagi menjadi empat bagian yakni track, pendukung track, non bangunan, mulai masuk ke electronic technology, dan lainnya. “Itu semua sudah kita sesuaikam dengan yang biasa dilakukan dalam pelaksanaan balap mobil,” katanya.

Event Director FEO Gemma Roura Serra menjelaskan bahwa kondisi tersebut sangat normal danp tidak jauh berbeda dengan persiapan ajang Formula E di negara lain. Menurutnya, hal itu terjadi karena merupakan street race yang persiapannya dipastikan dua atau tiga hari sebelum lebaran.

Selain itu, kata Gamma, paddock juga ditargetkan selesai pada Kamis, 2 Juni 2022 atau dua hari sebelum pelaksanaan Formula E. “Memang sudah 90 persen semua sudah sesuai jalurnya dan yang dijadwalkan, jadi memang kita tinggal menunggu kedatangan pembalapnya sebentar lagi,” tutur dia.

Baca juga: Tiket Formula E Jakarta Ludes Terjual, Tinggal Tersisa Kelas Ancol Festival


https://metro.tempo.co/read/1596436/mobil-balap-formula-e-sudah-dipindah-ke-jakarta-international-e-prix-circuit

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi