Miliaran Serangan Siber Masuk ke Indonesia

1 April 2022, 11:13

KBRN, Jakarta: Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat sebanyak 1.637.973.022 atau 1,6 miliar serangan siber masuk ke Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Wakil Kepala BSSN Irjen Luki Hermawan dalam peluncuran laporan tahunan monitoring keamanan siber tahun 2021 pada Rabu (30/3/2022). 

“Kami memantau dari hasil monitoring di sepanjang 2021 ada ancaman anomali trafik yang besar sekali, yaitu lebih dari 1,65 miliar serangan siber,” ujarnya kepada wartawan. 

Menurut laporan tahunan BSSN, mayoritas anomali trafik teridentifikasi merupakan aktivitas malware MyloBot. Pada tahun 2021, setidaknya sebanyak 44.62 persen anomali trafik didominasi oleh MyloBot, beberapa jenis botnet. 

Botnet merupakan jaringan komputer yang terinfeksi oleh malware yang berada di bawah kendali satu pihak penyerang. Botnet dapat dirancang untuk pengiriman spam, pencurian data, ransomware, click fraud, Denial-of-Service (DoS), dan lain-lain. 

“Tidak hanya MyloBot, beberapa anomali yang termasuk dalam kategori Top 10 Anomali juga memiliki keterhubungan dengan botnet lain dalam serangannya, seperti ZeroAccess dan Discover Using Socks Agent,” tulis keterangan dalam laporan tahunan  monitoring keamanan siber tahun 2021. 

Ia mengakui, tingginya presentase infeksi malware pada anomali trafik tersebut juga menjadi indikasi tingginya ancaman infeksi maupun pencurian informasi terhadap pelbagai aktivitas masyarakat di internet.

Luki menilai kondisi tersebut menjadi salah satu tantangan keamanan siber di Indonesia dalam proses transformasi digital.

Oleh sebab itu dia meminta kepada seluruh pemangku kepentingan dapat membangun kesadaran pentingnya keamanan siber bagi khalayak umum.

“Karena pemanfaatan digitalisasi di tahun ke depan pasca pandemi berakhir akan diikuti penggunaan digital yang luar biasa,” tuturnya.


https://rri.co.id/teknologi/sains-dan-teknologi/1406838/miliaran-serangan-siber-masuk-ke-indonesia?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi