Meutya Hafid Minta Pemerintah Kuatkan Literasi Digital pada Generasi Muda

16 September 2021, 23:09

Meutya Hafid Minta Pemerintah Kuatkan Literasi Digital pada Generasi Muda

Begitu disampaikan Ketua Komisi I DPR RI, Meutya Hafid saat membuka webinar bertajuk Pemanfaatn Ruang Digital Bagi UMKM, yang diselenggarakan di Jakarta, Kamis (16/9).

Kemkominfo sebagai leading sector, kata Meutya Hafid, perlu mengembangkan keterampilan dan kreatifitas digital melalui berbagai kegiatan dengan bermitra bersama sektor swasta. Termasuk juga, mengintegrasikan bersama pemangku kepentingan secara inklusif.

“DPR dalam hal ini Komisi I, mendorong pemerintah untuk terus melakukan sosialisasi cara bermedia sosial yang baik, sehingga mampu meningkatkan literasi digital masyarakat utamanya para generasi muda,” ujarnya.

Hadir sebagai pembicara, Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo, I Nyoman Adhiarna. Dia menyampaikan, perkembangan sarana teknologi yang sudah saat ini, sudah membawa manfaat pada peningkatan UMKM digital.

Dijelakan Nyoman Adhiarna, saat ini diperkirakan sudah ada 11 juta UMKM digital Indonesia dan beberapa di antaranya sedang dalam tahap scaling-up.

“Kami berharap hingga akhir tahun 2024 setidaknya ada 30 juta UMKM Indonesia yang akan onboarding secara digital. Oleh karenanya, Kemkominfo memastikan keandalan infrastruktur TIK agar semua orang dapat terhubung secara digital,” jelasnya.

Nyoman memastikan upaya pengembangan UMKM digital tidak akan berhenti sampai di situ saja.

Ditegaskan dia, selain percepatan infrastruktur sebagai pijakan utama akselerasi transformasi digital, Kemkominfo juga tengah menyiapkan terbentuknya masyarakat digital.

“Diantaranya pemerintahan digital, ekonomi digital, hingga peningkatan SDM digital,” demikian Nyoman.


https://politik.rmol.id/read/2021/09/16/504636/meutya-hafid-minta-pemerintah-kuatkan-literasi-digital-pada-generasi-muda

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi