Mesin Bor MRT Jakarta Berhasil Sambungkan Stasiun Bundaran HI hingga Monas

29 March 2023, 0:02

TEMPO.CO, Jakarta – Mesin bor atau Tunnel Boring Machine 1 (TBM 1) proyek MRT Jakarta telah menembus dinding shaft utara Stasiun Bundaran HI pada 20 Maret 2023. Dengan begitu, kini Stasiun Bundaran HI, Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas MRT Jakarta telah terhubung.Hingga saat ini, TBM 1 telah menyelesaikan pembangunan terowongan northbound atau ke arah utara sepanjang 563 meter, mulai dari sisi selatan Stasiun Thamrin hingga utara Stasiun Bundaran HI.Kemudian terowongan southbound atau ke arah selatan sepanjang 563 meter, mulai dari sisi utara Stasiun Bundaran HI hingga selatan Stasiun Thamrin. Total panjang terowongan sekitar 1.126 meter.Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta Ahmad Pratomo mengatakan mesin TBM 1 akan dibongkar lalu dipindahkan ke sisi utara Stasiun Monas untuk melanjutkan pembangunan terowongan ke arah selatan dari Stasiun Monas hingga ke Stasiun Harmoni. “Perkiraan panjang terowongan sekitar 1.029 meter,” kata Ahmad dalam keterangannya, Selasa, 28 Maret 2023.Sebelumnya, mesin bor TBM 2 telah berhasil menghubungkan Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas pada 15 Desember 2022. Sejak 20 Februari 2023 hingga saat ini, TBM 2 sedang membangun terowongan arah utara dari Stasiun Monas menuju Stasiun Harmoni dengan panjang sekitar satu kilometer.Dengan demikian, dua mesin bor TBM-1 dan TBM-2 yang digunakan dalam konstruksi CP201 MRT Jakarta, telah berhasil membangun dua terowongan ke arah selatan dan utara yang menghubungkan Stasiun Bundaran HI, Stasiun Thamrin dan Stasiun Monas.Terowongan southbound merupakan jalur MRT Jakarta arah Lebak Bulus. Sedangkan terowongan northbound adalah jalur MRT Jakarta arah Kota.Lebih lanjut, Ahmad Pratomo mengatakan pihaknya meminta pengertian dan kerja sama dari masyarakat untuk terus mendukung pelaksanaan proyek MRT Jakarta Fase 2. “Kami juga berharap para pengguna jalan dan angkutan umum agar memperhatikan rambu-rambu serta mengikuti petunjuk petugas konstruksi di lapangan,” ujarnya.Proyek MRT fase 2A ini nantinya akan menghubungkan Stasiun Bundaran HI hingga Kota sepanjang sekitar 5,8 kilometer dan terdiri dari tujuh stasiun bawah tanah, yaitu Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota. Fase 2A dibagi menjadi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI – Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027. MRT Jakarta segmen dua Harmoni – Kota ditargetkan selesai pada 2029. Pilihan Editor: Gerbong Khusus Wanita Ada Lagi di MRT Jakarta Mulai Senin Pekan Depan

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi