Menteri LHK Apresiasi Polri Luncurkan ASAP Digital Nasional

16 September 2021, 12:40

KBRN, Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutana Siti Nurbaya mengapresiasi Kepolisian Republik Indonesia (Polri) yang telah meluncurkan Aplikasi ASAP Digital Nasional untuk memperkuat sistem deteksi dini indikasi kejadian kebakaran hutan dan lahan.

“Ini akan semakin memperkuat sistem peringatan dan deteksi dini karhutla dalam kesatuan sistem yang bekerja di tingkat lapangan sekaligus di tingkat nasional. Termasuk untuk memperkuat penegakkan hukum karhutla,” kata Menteri Siti Nurbaya di akun Instagramnya yang dilihat RRI.co.id, Kamis (16/9/2021). 

Menurutnya, ASAP Digital Nasional merupakan upaya transformasi penanggulangan karhutla oleh Polri bekerjasama dengan Kementerian/Lembaga terkait.

Aplikasi ini, lanjutnya, dengan cara mengintegrasikan sistem penentuan karhutla dari beberapa aplikasi termasuk Sipongi milik KLHK dan aplikasi-aplikasi pemantauan karhutla yang berada di 13 Polda, serta dilengkapi pemasangan CCTV pemantau karhutla pada tower-tower BTS PT. Telkom.

Lebih lanjut, Menteri Siti menyebut upaya pengendalian karhutla di Indonesia saat ini telah menunjukan progres yang positif. 

“Data KLHK terbaru mencatat bahwa luas areal terbakar akibat karhutla telah menurun tajam di tahun 2020, yaitu mencapai 82% sejak masa sulit karhutla tahun 2015,” terangnya.

Ia memastikan penurunan karhutla tahun 2020 lalu diperkirakan telah mampu menurunkan emisi gas rumah kaca di Indonesia hingga sebesar 93%. 

“Penurunan emisi ini diharapkan dapat terus dijaga agar target FoLU Net Sink 2030 dapat dicapai,” harapnya.  (foto: Instagram Siti Nurbaya)


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1190450/menteri-lhk-apresiasi-polri-luncurkan-asap-digital-nasional?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi