Mensos Imbau Semua Pihak Hati-hati dengan Data Bansos

16 September 2021, 17:51

Mensos Imbau Semua Pihak Hati-hati dengan Data Bansos

loading…

JAKARTA – Menteri Sosial ( Mensos ) RI Tri Rismaharini meminta semua pihak terkait untuk berhati-hati dengan data, misalnya saat diketahui bahwa bantuan sosial (bansos) tidak sampai karena alamatnya tidak diketahui.

Baca juga: 30% Bansos Belum Tersalurkan, BPKP Ungkap Penyebabnya

Mensos meminta, agar tidak lantas bansos tidak disalurkan. Hal ini disampaikannya dalam pertemuan pemadanan data di Palangkaraya, Kalimantan Tengah, Kamis (16/9/2021).

Baca juga: Anggaran Bansos untuk Anak Yatim Disepakati Rp11,3 Triliun

Mensos turut mengevaluasi pencairan bansos di Kalteng kemudian ditemukan persoalan penyaluran bansos seperti belum terdistribusinya KKS, rekening terblokir, adanya pendataan ganda, dan prosedur perbankan yang dirasakan berbelit-belut terjadi, baik KPM, PKH maupun BPNT.

“Tadi kan bisa kita tahu, yang katanya terblokir ternyata bisa diselesaikan. KPM yang dimaksud bisa ditemukan alamatnya. Jadi saya harapkan memang bantuan tidak ditahan,” kata Mensos Risma, Kamis (16/9/2021).

Untuk membuktikan hal itu, Mensos meminta keluarga penerima manfaat (KPM) yang tinggal di lokasi terdekat, untuk dijemput dan dihadirkan di lokasi pertemuan. Dalam waktu kurang dari satu jam, dua KPM PKH dapat dihadirkan sesuai arahan Mensos.

Ia pun menanyakan kepada dua ibu-ibu penerima bantuan PKH apakah sudah mendapatkan bantuan. Mereka menjawab bahwa belum mendapatkan bantuan dimaksud. Atas kejadian itu, Mensos kembali menegaskan, data penerima bantuan sebenarnya memang ada.

Ia lantas memerintahkan kepada petugas untuk menyerahkan kartu dan memberikan kesempatan kepada KPM mencairkan bantuan dengan menggesek kartu ke mesin edc. Tak lama pencairan berhasil dilakukan yang mana salah satu KPM berhasil mencairkan bantuan senilai Rp1 Juta.


https://nasional.sindonews.com/read/542558/15/mensos-imbau-semua-pihak-hati-hati-dengan-data-bansos-1631786941

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi