Menlu Rusia: Pembebasan Donbas Ukraina Prioritas Tanpa Syarat bagi Moskow

30 May 2022, 10:59

Rusia sebut pembebasan Donbas Ukraina prioritas tanpa syarat

Supianto | Senin, 30/05/2022 08:52 WIB

Rusia sebut pembebasan Donbas Ukraina prioritas tanpa syarat

Sergei Lavrov (Foto: BBC)

JAKARTA, Jurnas.com – Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov mengatakan, pembebasan wilayah Donbas, Ukraina adalah prioritas tanpa syarat bagi Moskow, sementara wilayah Ukraina lainnya harus memutuskan masa depan mereka sendiri.

Dikutip dari Alarabiya News, Lavrov berbicara dalam sebuah wawancara dengan saluran televisi TF1 Prancis saat Rusia melanjutkan serangannya untuk mengamankan kendali atas kota-kota utama di Donbas, jantung industri tradisional Ukraina yang terdiri dari wilayah Donetsk dan Luhansk.

Ia menegaskan, operasi militer khusus di Ukraina adalah untuk mendemiliterisasi tetangganya setelah gelombang ekspansi NATO ke arah timur dan membersihkannya dari apa yang dilihatnya sebagai nasionalisme yang diilhami oleh “Nazi”.

“Pembebasan wilayah Donetsk dan Luhansk, yang diakui oleh Federasi Rusia sebagai negara merdeka, merupakan prioritas tanpa syarat,” kata Lavrov, menurut sebuah teks yang dirilis oleh Kementerian Luar Negeri Rusia.

Untuk sisa wilayah di Ukraina, ia mengatakan, “Saya tidak percaya bahwa mereka akan dengan senang hati kembali ke otoritas rezim neo-Nazi yang telah membuktikan bahwa itu adalah Russophobia pada dasarnya. Orang-orang ini harus memutuskan sendiri.”

Serangan Rusia, katanya, menjadi  tak terhindarkan setelah negara-negara Barat gagal mengindahkan apa yang dia gambarkan sebagai peringatan tentang pengabaian Ukraina, dan serangan militer terhadap warganya yang berbahasa Rusia.

Ukraina telah membantah melakukan serangan semacam itu.

Dalam beberapa pekan terakhir, Rusia telah memfokuskan upayanya pada Donbas setelah mundur dari kemajuan yang gagal di Kyiv dan wilayah Ukraina lainnya.

“Ya, orang-orang terbunuh,” kata Lavrov. “Tetapi operasi itu memakan banyak waktu terutama karena tentara Rusia yang ambil bagian berada di bawah perintah ketat untuk menghindari serangan dan serangan terhadap infrastruktur sipil.”

Invasi, sekarang di bulan keempat, telah menewaskan ribuan orang di Ukraina dan jutaan mengungsi. Menurut PBB, lebih dari 6,7 juta pengungsi telah meninggalkan Ukraina sejak 24 Februari.

Ada sekitar 14.388 kasus dugaan kejahatan perang Rusia yang sedang diselidiki oleh Kantor Kejaksaan Agung Ukraina dan beberapa tentara Rusia telah mengaku bersalah dalam kasus penembakan Ukraina dan pembunuhan warga sipil.

TAGS : Invasi Rusia Sergei Lavrov Donbas Ukraina


https://www.jurnas.com/artikel/117867/Menlu-Rusia-Pembebasan-Donbas-Ukraina-Prioritas-Tanpa-Syarat-bagi-Moskow/

 

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi