Menko Airlangga: Hanya 20 Persen Pekerja RI yang Punya Akses ke Dana Pensiun

30 May 2022, 14:06

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kurang dari 20 persen pekerja Indonesia memiliki akses ke dana pensiun.

Padahal, dana pensiun ini dibutuhkan untuk memperluas pasar keuangan dalam rangka membawa Indonesia menjadi negara maju pada tahun 2045.

“Angka terakhir menunjukkan bahwa tenaga kerja Indonesia yang memiliki akses ke dana pensiun hanya kurang dari 20 persen,” kata Airlangga dalam IFG International Conference 2022 di Jakarta, Senin (30/5/202).

Baca juga: Menko Airlangga: RI Harus Tingkatkan Pasar Keuangan 3 Kali Lipat agar Jadi Negara Maju

Airlangga menuturkan, rendahnya akses dana pensiun disertai minimnya kontribusi asuransi terhadap sektor keuangan, aset berputar dua industri itu hanya berjumlah kurang dari 20 persen dari PDB nominal pada tahun 2020.

Angka ini masih jauh tertinggal dengan negara tetangga, yakni Malaysia dan Singapura. Di dua negara itu, aset dana pensiun masing-masing mencapai 60 persen dan 85 persen dari PDB nominal.

“Penetrasi (asuransi dan dana penisun) di Indonesia termasuk yang terendah di kawasan. Dan kami berharap kami dapat mencapai target setidaknya (sama dengan) Malaysia di kawasan ini,” ucap Airlangga.

Baca juga: Menko Airlangga di WEF 2022 Singgung Pentingnya Pembiayaan untuk Ketahanan Kesehatan Global

Mantan Menteri Perindustrian ini menyebut, penetrasi asuransi dan dana pensiun juga penting bagi stabilitas keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan di tahun-tahun mendatang.

Selama masa pandemi Covid-19, asuransi memiliki peran penting dalam memberikan dukungan finansial untuk mengatasi tingginya biaya perawatan Covid-19.

Hal ini kata Airlangga, terlihat dari kenaikan yang mencolok pada klaim asuransi kesehatan terkait Covid-19 serta dukungan pemerintah terhadap anggaran negara untuk Covid-19.

“Sektor asuransi juga memainkan peran penting untuk mitigasi perbankan, seperti pinjaman melalui fasilitas asuransi kredit. Oleh karena itu potensi upside masih cukup tinggi,” sebut Airlangga.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


https://money.kompas.com/read/2022/05/30/140000126/menko-airlangga–hanya-20-persen-pekerja-ri-yang-punya-akses-ke-dana-pensiun

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi