Menhub Pastikan Tidak Ada Penyekatan

2 April 2022, 12:10

RM.id  Rakyat Merdeka – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan tidak akan ada penyekatan selama arus mudik Lebaran 2022. Namun akan dilakukan  random check (pengecekan acak) di titik-titik seperti rest area, terminal, dan jembatan timbang.

“Random check untuk memastikan penerapan prokes berjalan dengan baik, dan juga mendorong tingkat vaksinasi,” kata Menhub Budi Karya dalam keterangan tertulis, Jumat (1/4).

Berita Terkait : Menpora Berharap Pesonas 2022 Berhasil Mencetak Bintang

Budi Karya menuturkan, Pemerintah telah melakukan sejumlah persiapan dalam rangka mengantisipasi melonjaknya pemudik pada tahun ini yang diprediksi mencapai sekitar 79 juta orang.

“Kami tengah menyiapkan surat edaran petunjuk teknis pelaksanaan perjalanan di masa mudik dengan merujuk pada surat edaran dari Satgas Penanganan Covid-19,” jelas Menhub.

Berita Terkait : Lantik Irjen Baru, Mentan: Pertanian Nggak Ada Libur!

Terkait aspek keselamatan, sejumlah upaya yang akan dilakukan Kemenhub diantaranya, yaitu melakukan ramp check kelaikan transportasi massal dan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada awak transportasi.

Kemudian, untuk menjaga keamanan dan kelancaran, sejumlah upaya telah disiapkan, seperti manajemen rekayasa lalu lintas, serta pengaturan terhadap kendaraan barang, pembatasan kendaraan barang sumbu 3 dan pembatasan waktu operasional kendaraan barang.

Berita Terkait : Pemerintah Izinkan Mudik Lebaran, Ini Catatan DPR

Peran serta dan dukungan masyarakat dengan menjadi pemudik yang bertanggung jawab, menjadi faktor penting dalam mewujudkan perjalanan mudik yang selamat, aman, nyaman, sehat, dan tidak terjadi peningkatan kasus Covid-19 usai masa mudik. (MRA)


https://rm.id/baca-berita/government-action/118824/pemerintah-prediksi-79-juta-orang-bakal-mudik-menhub-pastikan-tidak-ada-penyekatan

 

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi