Menhub Berencana Menghadirkan Transportasi Berteknologi Otonom di Indonesia

30 May 2022, 14:03

Peneliti mengoperasikan penggunaan kendaraan listrik Micro Electric Vehicle-Teleoperated Driving System (MEVi) di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Bandung, Jawa Barat, Rabu, 16 Februari 2022. BRIN melalui Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik (OR IPT) melakukan pengembangan dan penelitian mobil listrik ramah lingkungan yang bisa digunakan secara otonom atau tanpa pengemudi. ANTARA FOTO/Novrian Arbi

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Perhubungan baru saja mengungkapkan rencananya dalam menghadirkan transportasi berteknologi otonom atau swakemudi di Indonesia. Pihak Kemenhub saat ini dilaporkan telah menyiapkan konsep kajiannya.

Informasi tersebut dibenarkan langsung oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi. Dirinya memastikan bahwa Indonesia nantinya bakal memiliki transportasi otonom atau tanpa sopir.

“Kami akan membuat suatu konsep, nanti akan ketemu equilibriumnya kapan kita akan melakukan (pengembangan transportasi berteknologi swakemudi),” ujar Budi seperti dikutip Tempo.co dari situs berita Antara.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bahwa pengembangan autonomous vehicle (AV) atau kendaraan otonom menjadi harapan di masa mendatang. Kendati begitu, pengembangan transportasi umum berteknologi swakemudi tersebut masih membutuhkan kajian yang panjang.

“Satu keniscayaan bahwa autonomous itu menjadi harapan masa depan tapi di lain sisi kita butuh lapangan pekerjaan,” kata dia menjelaskan.

Rencana pengoperasian kendaraan otonom tersebut sebelumnya sempat disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia tersebut secara tegas bakal menggunakan kendaraan listrik dan kendaraan otonom di kawasan ibu kota baru negara (IKN), Kalimantan Timur.

“Yang kita gunakan nanti autonomous vehicle dan electric vehicle di kota. Selain itu tidak boleh,” kata pria yang akrab disapa Jokowi tersebut, masih dilansir Tempo.co dari situs berita Antara.

BacaRaih Poin di Moto3 Mugello, Mario Aji Mengaku Kebingungan 

ANTARA

Ingin berdiskusi dengan redaksi mengenai artikel di atas? Mari bergabung di grup Telegram GoOto.


https://otomotif.tempo.co/read/1596452/menhub-berencana-menghadirkan-transportasi-berteknologi-otonom-di-indonesia

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi