Menhan Prabowo Bertemu Menhan Austin di Pentagon untuk Bahas Peluang Kesepakatan Lebih Lanjut

21 October 2022, 13:53

Suara.com – Pada Kamis, 20 Oktober 2022, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto bertemu Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III. Mereka membahas peluang kesepakatan lebih lanjut antara Amerika Serikat dan Indonesia, mengingat kedua negara ingin mewujudkan visi bersama tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka serta membahas berbagai isu yang menjadi perhatian global.

Dalam rangkuman hasil pertemuan yang dibuat oleh Sekretaris Pers Pentagon disebutkan bahwa Menhan Austin menyampaikan apresiasi atas peran kepemimpinan Indonesia di ASEAN, di Indo-Pasifik, dan di dunia.

Kedua menteri menekankan pentingnya kerja sama yang berkelanjutan mengingat dinamika keamanan regional yang semakin kompleks.

Untuk mendukung tujuan ini, Menhan Austin menyatakan keinginannya untuk terus membantu memodernisasi militer Indonesia dan untuk memperkuat interoperabilitas antara Amerika Serikat dan Indonesia.

Baca Juga:
AS dan Indonesia Luncurkan USAID Kolaborasi untuk Percepat Pembangunan Papua dan Papua Barat

Kedua menteri membahas kemajuan signifikan kerja sama pertahanan AS-Indonesia, termasuk perluasan cakupan latihan “Super” Garuda Shield digelar pada musim panas ini, yang merupakan latihan terbesar yang pernah dilakukan antara kedua negara.

Menhan Austin menyatakan dukungannya terhadap fokus Menteri Prabowo pada profesionalisasi militer dan mencatat bahwa Indonesia sekarang ini memiliki taruna di tiga akademi militer AS.

Dia juga menekankan pentingnya nilai-nilai bersama antara Amerika Serikat dan Indonesia sebagai dua negara demokrasi terbesar di dunia.

Kedua menteri menegaskan kembali pentingnya memelihara aturan dan norma internasional guna menjaga wilayah Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

“Selaras dengan tujuan strategis untuk memajukan Indo-Pasifik yang lebih terhubung, sejahtera, aman, tangguh serta bebas dan terbuka, saya percaya untuk mencapai tujuan ini akan membutuhkan kerja sama dan partisipasi negara-negara Indo-Pasifik,” kata Prabowo dalam pernyataan tertulis dari Tim Media Prabowo.

Baca Juga:
Indonesia dan Amerika Serikat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Pendidikan

Prabowo mengapresiasi dukungan Menhan Austin serta Prabowo berterima kasih atas terlaksananya pertemuan kali ini.

“Kami berharap kerja sama pertahanan kedua negara semakin kuat dan persahabatan kedua negara akan terus berlanjut serta tumbuh dalam semangat saling menghormati dan percaya untuk kepentingan nasional masing-masing,” kata Prabowo.

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi