Mengenal Virus Corona Varian Delta asal India

18 June 2021, 12:44

KBRN, Cirebon: Virus Corona Varian Delta atau B.1617.2 merupakan varian virus yang pertama kali ditemukan India. Varian virus ini menyebar 60% lebih cepat dari pada varian virus corona yang pertama atau varian alpha. Bahkan hanya dengan berada dalam satu ruangan dengan orang yang terpapar varian ini, virus dengan mudah menyebar.

Varian virus ini dapat dengan cepat berpindah dan mengandakan diri dalam kurun waktu 4,5 – 11,5 hari.

Varian ini merupakan penyebab pada krisis covid di India dan mendominasi kasus baru di Inggris.

Dalam kurun waktu 6 bulan, varian virus dari India ini telah menyebar ke lebih dari 60 negara. WHO mengakategorikan varian virus corona ini dengan Variant of Concern atau varian yang harus diperhatikan.

Selain lebih mudah menyebar varian delta juga dapat menurunkan efektivitas vaksin. Meski sudah divaksin, jika terpapar varian delta ini maka efektivitas vaksin dapat menurun sebanyak 15-20 persen.

Pada dasarnya gejala virus corona varian delta mempunyai gejala yang mirip dengan varian corona awal, namun Virus Corona Varian Delta menyebabkan gejala yang lebih parah dari gejala varian corona sebelumnnya.

Dilansir liputan6.com gejala virus ini dapat berupa nyeri ulu hati, ganguan pendengaran, pembekuan darah yang dapat menyebab gangren. (AL)


https://rri.co.id/daerah/1083184/mengenal-virus-corona-varian-delta-asal-india?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi