Mengenal Tes Minat Bakat dan Pentingnya bagi Calon Mahasiswa

31 May 2022, 11:48

Mengenal Tes Minat Bakat dan Pentingnya bagi Calon Mahasiswa

Suara.com – Memilih jurusan kuliah bukanlah perkara mudah. Salah satu cara mudah memilih jurusan kuliah adalah dengan melakukan tes minat bakat. Sudah banyak sekolah yang memberikan tes minat dan bakat untuk membantu siswa memilih jurusan yang tepat. Salah satunya Universitas Gunadarma yang bisa kamu coba di sini. Melalui tes ini, kamu bisa mengetahui potensi dan passion dengan lebih baik.

Sebenarnya apa sih tes minat dan bakat ini? Mengapa kamu perlu mengikuti tes minat bakat sebelum memilih jurusan kuliah?

Apa itu tes minat dan bakat?

Sesuai namanya tes minat dan bakat adalah tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan kognitif, ketertarikan atau minat, dan juga kepribadian seseorang pada satu jurusan atau bidang. Pada tes minat dan bakat menggunakan alat uji khusus. Hasil komponen uji tes minat dan bakat meliputi kemampuan, minat, kepribadian, nilai kehidupan, hingga gaya belajar yang cocok buat kamu.

Baca Juga:
Kasus Bullying Fahran, Polisi Koordinasi dengan Gunadarma

Tes minat biasanya dibagi dalam tiga tahapan, yaitu aktivitas kesukaan, profesi yang disukai, dan aktivitas dengan kemampuan. Sedangkan pada tes bakat biasanya meliputi lima tahapan yaitu penalaran deduktif, aritmatika, induktif, reasoning, dan spasial.

Ilustrasi seseorang sukses mengikuti tes minat dan bakat. (Pexels)
Ilustrasi seseorang sukses mengikuti tes minat dan bakat. (Pexels)

Apa yang dilakukan saat tes minat dan bakat?

Tes minat dan bakat terdiri dari serangkaian tes yang meliputi beberapa penilaian. Beberapa aspek yang dinilai adalah kepribadian, ketertarikan pada belajar dan karir, bakat dan keterampilan, serta nilai-nilai kehidupan. Kamu akan diberikan beberapa pertanyaan atau soal yang perlu dijawab. Jangan khawatir, dalam tes minat dan bakat tidak ada jawaban salah atau benar. Berikut ini beberapa perbedaan tes bakat dan tes minat.

       Tes bakat – tes bakat digunakan untuk menguji tingkat intelegensi siswa. Tes ini digunakan untuk mendapatkan gambaran umum tentang kemampuan kognitif siswa. Beberapa aspek yang diukur adalah kemampuan verbal, daya ingat, dan logika berpikir.

       Tes minat – tes minat mengukur kecenderungan atau minat siswa pada bidang studi dan jurusan tertentu. Tes ini juga digunakan untuk melihat kecenderungan kepribadian seseorang.

Baca Juga:
Kecewa Investigasi Gunadarma, Polisi Diminta Usut Bullying Farhan

Meskipun sedikit berbeda, namun tes minat dan bakat ini biasanya dilakukan sebagai satu paket. Sehingga kamu akan langsung mengetahui minat dan bakat kamu terhadap jurusan atau karir.


https://www.suara.com/news/2022/05/31/105525/mengenal-tes-minat-bakat-dan-pentingnya-bagi-calon-mahasiswa

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi