Mengenal Sosok Siti Latifah Herawati Diah, Google Doodle 3 April 2022

3 April 2022, 12:36

PIKIRAN RAKYAT¬†–¬†3 April 2022 Google Doodle menampilan sosok salah satu jurnalis Indonesia Siti Latifah Herawati Diah, dalam Rangka memperingati hari ulang tahun yang ke-105.

Wanita kelahiran 3 April 1917 di Tanjung Pandan ini merupakan seorang jurnalis terkemuka di Indonesia, beliau salah satu pendiri The Indonesian Observer pada tahun 1955.

Surat kabar berbahasa Inggris pertama di Indonesia ini, satu-satunya publikasi berbahasa Inggris yang tayang selama lebih dari satu dekade.

Siti Latifah belajar jurnalisme di Barnard College New York, pada tahun 1942 setelah lulus kembali ke Indonesia tidak lama sebelum revolusi nasional Indonesia berlangsung.

Baca Juga: Hari Pertama Buka Puasa di Palestina: Makanan Didominasi Warna Hijau dan Putih

Dan menjadi reporter untuk Newswire United Press International (UPI).

Ibu Diah, biasa disapa berbagai kalangan menyebut dirinya, termasuk salah seorang pekerja di jawatan radio Jepang (Hoso Kyoku) di bawah penguasaan militer penjajahan Negeri Sakura itu.

Hoso Kyoku menjadi cikal bakal Radio Republik Indonesia (RRI) pada 11 September 1945. Ia bertugas di program berbahasa Inggris untuk keperluan propagandanya penguasa Jepang (Dai Nippon).

Baca Juga: Lirik Lagu To Lose dari Titi DJ yang Baru Dirilis, Jadi Balasan Hati-hati di Jalan dari Tulus


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014149063/mengenal-sosok-siti-latifah-herawati-diah-google-doodle-3-april-2022

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi