Mengenal Lebih Dekat Teknologi Bearing SKF di GIIAS 2022

16 August 2022, 10:10

Mengenal Lebih Dekat Teknologi Bearing SKF di GIIAS 2022

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – Selain memamerkan kendaraan baru, pameran otomotif juga memamerkan teknologi terkini otomotif nasional, termasuk diantaranya komponen suku cadang kendaraan seperti bearing.

Bearing berguna untuk kurangi friksi atau gesekan, dan berguna meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Salah satunya datang dari PT SKF Indonesia. Perusahaan modal asing asal Swedia yang 40 persen sahamnya dikuasai grup Astra ini memamerkan teknologi bearing untuk kendaraan roda empat dan roda dua di GIIAS 2022.

Presiden Direktur PT SKF Indonesia Toto Suharto mengatakan, ini merupakan keikutsertaan pertama kali SKF di pameran otomotif GIIAS 2022.

Pada GIIAS 2022, SKF Indonesia menampilkan rangkaian produk berteknologi dan berkualitas tinggi untuk seluruh jenis kendaraan mulai dari roda dua hingga roda empat.

Intelligent and Clean direpresentasikan melalui inovasi komponen kendaraan dengan desain yang kompak, durabilitas tinggi, presisi, serta bobot yang ringan sehingga menciptakan efek berlanjut pada efisiensi mesin, kendaraan yang lebih ringan dan mengurangi emisi CO2.

SKF saat ini memiliki pabrik di Cakung, Jakarta Timur dan memproduksi 2 jenis bearing. Yakni half bearing atau disebut juga dengan istilah HUB1 untuk kendaraan roda empat yang mencakup transmisi mesin, crankcover, pin/roller, spacer dan wheel Hub1.

Baca juga: Beli Mobil Baru di GIIAS 2022, Bisa Cek Taksiran Harga Mobil Lama Buat DP di OLX Autos

Produk berikutnya adalah DGBB untuk kebutuhan transmisi, wheel, steering dan engine sepeda motor.

Bearing merupakan komponen mutlak dalam produksi kendaraan roda dua dan roda empat.

Untuk produksi sepeda motor dibutuhkan total ada 4 sampai 6 bearing. Sementara untuk kendaraan roda empat dibutuhkan total 36-40 bearing untuk setiap 1 unit kendaraan yang diproduksi.

“Customer kita hampir semua produsen utama 4 roda dan 2 roda, produksi juga bearing dengan brand Aspira dan kita punya 19 distributor independen di pasar aftermarket,” ujar Toto di acara diskusi dengan media di pameran GIIAS 2022, Senin, 15 Agustus 2022.

Baca juga: Spesifikasi Nissan Terra yang Tampil di GIIAS 2022, Harganya Masih Dirahasiakan, Dijual Mulai 2023

Toto menjelaskan, saat ini SKF memiliki market share lebih dari 40 persen di produk bearing dan produk-produk bearing-nya dipasarkan ke grup Astra dan Krama Yudha Tiga Berlian Motor.

Kehadiran pabrik SKF di Indonesia ikut mendukung upaya lokalisasi manufaktur dn meningkatkan TKDN otomotif di Indonesia. Tahun 221, saat pandemi, SKF tetap inves di Indonesia untuk 2 lini produksi,” ujarnya.

Tahun ini SKF menggarap pasar Indonesia Timur setelah memiliki jaringan kuat di Indonesia barat dan tengah. “Kita optimis sampai akhir tahun ini sudah bisa rambah pasar Indonesia Timur,” ujarnya.


https://www.tribunnews.com/otomotif/2022/08/15/mengenal-lebih-dekat-teknologi-bearing-skf-di-giias-2022

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi