Member JKT48 Ajak Anak Muda Kepoin Budaya Indonesia-Jepang

17 October 2022, 0:44

Jakarta: Idol group JKT48 punya harapan khusus buat persahabatan Indonesia-Jepang. Masyarakat antarkedua negara diharapkan saling mencari tahu segala hal tentang Indonesia-Jepang.
 
Member JKT48 Christy mengatakan banyak orang Indonesia menyukai budaya hingga makanan Jepang. Terlebih, antusiasme masyarakat terlihat dalam acara Jak Japan Matsuri 2022 di FX Mall Sudirman.
 
“Semoga ke depannya juga banyak orang Indonesia yang kepo sama budaya Jepang. Dan sebaliknya juga ya, orang Jepang kayak kepo sama budaya Indonesia,” ujar Christy dalam rangkaian acara JJM 2022 di Teater JKT48, Sudirman, Jakarta Pusat, Sabtu malam, 15 Oktober 2022.

-?

Shani Indira Natio, Kapten JKT48, di acara JJM 2022, Sabtu, 15 Oktober.
 Di sisi lain, Kapten JKT48 Shani lebih menekankan pada bahasa. Apalagi, sebagai anak muda, perempuan bernama lengkap Shani Indira Natio ini sangat tertarik mempelajari bahasa Jepang
 
“(Harapan) aku, lebih banyak orang yang minat buat belajar bahasa Indonesia dan juga sebaliknya. Jujur, aku sebagai anak muda remaja itu tertarik banget buat belajar bahasa Jepang. Aku pengen belajar bahasanya,” ujar Shani.
 
Keakraban Indonesia-Jepang melalui pendekatan seni budaya kerap dilaksanakan. Sayangnya, pandemi covid-19 membuat JJM yang dilaksanakan setiap tahun sejak 2009 harus terhenti. Dua tahun tak bisa diselenggarakan, JJM 2022 yang bertujuan memperdalam ikatan dan mengembangkan persahabatan Indonesia-Jepang berlangsung penuh kegembiraan.
 
JJM 2022 yang digelar 14-16 Oktober di FX Mall Sudirman dihadiri banyak sekali anak muda pecinta Jepang. Berbagai acara dari musik, kabaret, hingga ramainya cosplayer, membuat JJM 2022 berlangsung meriah.
 
Sebagai perwakilan anak muda, JKT48 yang sangat dekat dengan budaya Jepang juga peduli pada pentingnya kolaborasi. Tak hanya dari sisi pemerintahan, masyarakat dari kedua negara, tertutama anak muda, bisa ambil peran.
 
“Semoga ke depannya banyak kolaborasi atau perwakilan Indonesia yang bisa membanggakan di Jepang, begitu juga sebaliknya,” ujar Ashel.
 

JKT48 membawakan single terbaru mereka Flying High dalam acara JJM 2002
 
JKT48 menjadi salah satu pengisi acara JJM 2022. Sebanyak 12 member tampil, yakni Shani, Feni, Christy, Jinan, Chika, Eli, Jessy, Muthe, Adel, Oniel, dan Gita.
 

Musisi Hiraoki Kato mengajak sang istri yang merupakan vokalis Mocca, Arina, mengisi acara JJM 2022
 
Rangkaian acara di Teater JKT48 juga dihadiri musisi asal Jepang Hiraoki Kato. Ia bangga dan bahagia karena bisa kembali berkumpul setelah dua tahun sulit bertemu akibat covid-19.
 
“Tahun depan masih ada Jak Japan Matsuri kan, ya? Harus ada ya, semoga kita bisa menikmati waktu bersama dengan lebih banyak orang lagi,” kata suami vokalis Mocca Arina Ephipania itu.
 

Penyanyi Hanin Dhiya sukses membuat galau penonton di Teater JKT48
 
Hanin Dhiya, penyanyi muda yang namanya melambung, mengaku kaget dengan antusiasme masyarakat Indonesia-Jepang di JJM 2022. Hanin menegaskan acara seperti ini membuka jalan masyarakat mempelajari budaya masing-masing negara.
 
“Rame banget orang, antusiasmenya luar biasa. Kita juga bisa saling mengenal budaya satu sama lain antara Indonesia dan budaya Jepang. Itu lah salah satu yang buat aku terkesan malam ini. Jadi turut senang bisa ada di acara Jak Japan Matsuri 2022,” ujar Hanin yang menutup rangkaian acara di Teater JKT48 dengan apik.

Tentang JJM 2022

JJM 2022 mengangkat tema utama ‘Indonesia & Japan Always Together’. JJM 2022 juga mengangkat sub—tema ‘Berkawan itu menyenangkan’.
 
Di dalamnya terkandung makna, meneguhkan hubungan keluarga dan pertemanan. Acara ini juga menjadi wujud penegasan Indonesia dan Jepang masih berteman baik.
 
Acara yang digelar secara hybrid untuk pertama kalinya ini berlangsung pada 14-16 Oktober 2022. JJM 2022 digelar setelah dua tahun vakum akibat Covid-19. 
 
Pengunjung dimanjakan dengan berbagai penampilan dan diramaikan cosplayer hingga pertunjukan kabaret.  Pengunjung juga bisa menikmati berbagai makanan khas Jepang di Atrium F3 FX Mall Sudirman.

JJM 2022 juga digelar di Theater JKT48. Medcom.id menjadi salah satu dari empat media yang diajak Kedutaan Besar Jepang untuk meliput rangkaian acara tersebut.

 (OJE)

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi