Memahami Hak Cipta Digital di Dunia Internet

16 August 2022, 9:25

Liputan6.com, Jakarta – Dalam beraktivitas di internet, kamu perlu memahami hak cipta digital, di mana tidak diperbolehkan sembarang mengambil karya orang lain dan diedarkan untuk keuntungan pribadi.

Hal ini dibahas dalam webinar bertema “Literasi Digital: Dunia Digital Ada dalam Genggaman” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi di Balikpapan, belum lama ini.

Content Creator Muhammad Fiqih Ayatullah atau biasa disapa Fiki Naki mengungkapkan bahwa penggunaan gawai, baik itu ponsel pintar atau laptop, kian meningkat dalam beberapa dekade terakhir.

Penggunaan dua jenis perangkat tersebut semakin tinggi selama pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal 2020. Fenomena tersebut, menurut dia, berdampak ganda, yaitu dampak positif dan negatif.

“Dampak positifnya adalah banyak pengetahuan yang bisa kita peroleh lewat internet di ponsel atau laptop kita. Bahkan, ada yang bisa berolahraga bareng bersama teman secara daring. Dampak negatifnya adalah di saat yang sama begitu banyak kabar bohong yang beredar,” ucap Fiki, dikutip Senin (15/8/2022).

Terkait literasi digital seiring maraknya penggunaan internet akhir-akhir ini, imbuh Fiki, hal yang sangat penting adalah pemahaman mengenai hak cipta.

Ia sendiri mengaku memiliki pengalaman yang tak menyenangkan terkait konten buatannya di channel YouTube yang diambil oleh orang lain untuk diedarkan di platform berbeda.

Orang tersebut mendapat untung dari iklan digital kendati konten yang diedarkan adalah karya orang lain.

“Penggunaan gawai dengan baik dan tepat akan berdampak baik dan positif bagi seseorang, terutama dalam hal produktivitas,” ujar Fiki.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Baim Wong memutuskan untuk melepas pendaftaran hak cipta “Citayam Fashion Week” setelah kekisruhan terjadi usai dirinya mengajukan hak cipta nama tersebut ke Dirjen HAKI.


https://www.liputan6.com/tekno/read/5042462/memahami-hak-cipta-digital-di-dunia-internet

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi