Mekanisme SAR di Swiss, Pencarian Tak Berbatas Waktu

30 May 2022, 10:41

KBRN, Jakarta: Duta Besar RI untuk Swiss, Muliaman D. Hadad mengatakan, tidak ada batas waktu dalam upaya pencarian putra sulung Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz yang dinyatakan hilang di Sungai Aare, Bern, Swiss.

Muliaman menjelaskan, kemungkinan pencarian tersebut akan berlangsung lama karena mekanisme di Swiss dalam mencari orang tidak diberikan batasan.

“Tidak ada spesifik waktu kapan pencarian ini akan dihentikan,” ujar Muliaman dalam jumpa pers virtual pada Sabtu (28/5/2022).

BACA JUGA: Anak Pertama Ridwan Kamil Hilang di Swiss

Muliaman melanjutkan, dalam pencarian Eril pihaknya sudah berkoordinasi langsung dengan salah satu unsur Tim SAR, yakni Polisi Sungai Swiss, dan dapat dipastikan tidak akan ada penghentian sampai Eril ditemukan.

“Tidak ada (penghentian). Pencarian akan terus berlangsung setiap hari, karena memang itu menjadi tugas mereka sehari-hari, memantau situasi setiap titik, setiap pojok di sepanjang sungai yang sangat dilindungi itu,” kata Muliaman.

Muliaman menjelaskan metode pencarian orang di Swiss menggunakan kategorisasi waktu kritikal penting dalam proses pencarian orang hilang di Sungai Aare.

“Mereka mengatakan ada kritikal waktu penting. Pertama, tiga hari pertama, itu biasanya sering ditemukan pada 3 hari pertama. Tapi mayoritas kejadian serupa pada tahun-tahun sebelumnya, itu 99.99 persen itu ditemukan dalam 3 minggu,” paparnya.

“Jadi itu menurut mereka, dari pengalaman mereka puluhan tahun menjaga sungai ini,” demikian Muliaman.

BACA JUGA: Dubes RI: Pencarian Eril Masih Dilanjutkan


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1471464/mekanisme-sar-di-swiss-pencarian-tak-berbatas-waktu?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi