Mau Hidup Bareng Covid-19, Pahami Pencegahannya

1 April 2022, 11:13

RM.id  Rakyat Merdeka – Covid-19 bisa dipastikan tidak akan lenyap dari muka bumi. Masyarakat tidak ada pilihan selain hidup berdampingan bersama virus asal China tersebut.

Koordinator Pemberdayaan Masyarakat Bidang Dukungan Darurat Kesehatan Satgas Covid-19, dr. Retno Asti Werdhani mengingatkan, untuk hidup ber­dampingan bersama virus Corona masyarakat harus memahami pentingnya upaya pencegahan.

Apalagi, sampai sekarang Indonesia masih berusaha keras menekan peningkatan kasus Covid-19.

Berita Terkait : Hong Kong Longgarkan Pembatasan Bulan Depan

“Kasus Covid-19 membuka mata dan pikiran kita untuk bisa mengenal pentingnya mitigasi dan pencegahan dini,” ujar Asti dalam diskusi virtual yang digelar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kemarin.

Menurutnya, untuk berdampingan bersama Covid-19 dibutuhkan kemampuan dari masyarakat mengetahui berbagai macam risiko penyakit.

Pencegahan dapat dilakukan dengan memperhatikan faktor internal maupun eksternal. Untuk faktor risiko internal, itu lebih fokus pada daya tahan tubuh atau imun.

Berita Terkait : Laudya Cynthia Bella: Takut Dosa, Ogah Pegangan Tangan

“Makanya sekarang banyak orang sudah mulai giat berolahraga, menjaga makanan yang sehat, melakukan vaksinasi dan memperbaiki gaya hidup,” tuturnya.

Sementara faktor risiko eksternal juga tak kalah penting. Protokol kesehatan (prokes) seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak itu sangat dianjurkan dalam menjalani hidup bersama Covid.

Tapi faktor eksternal tidak hanya prokes. Faktor eksternal yang sering diabaikan adalah kondisi lingkungan yang berpotensi menjadi rumah bagi virus dan bakteri penyebab penyakit.

Berita Terkait : Negatif Covid, Pelatih PSIS Dragan Alami Gejala Lanjutan

“Hidup bersama Covid, artinya virus itu masih ada di lingkungan kita. Maka jangan sampai lingkungan terdekat kita menjadi tempat hidup yang nyaman bagi si Covid-19,” beber Asti.
 Selanjutnya 


https://rm.id/baca-berita/nasional/118673/mau-hidup-bareng-covid19-pahami-pencegahannya

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi