Ma’ruf Amin Dorong peningkatan TKDN, Jangan Tergantung Impor

30 May 2022, 12:58

Liputan6.com, Jakarta – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin ingin agar kementerian, lembaga, organisasi dan semua bekerja sama untuk mendorong pengembangan industri syariah. Langkah ini perlu dijalankan karena ekonomi syariah dan keuangan syariah sudah terbukti bisa mendorong pertumbuhan perekonomian nasional.

“Saya ingin capaian yang dihasilkan hingga saat ini terus dioptimalkan, agar ekonomi dan keuangan syariah Indonesia bisa berkontribusi signifikan tidak hanya di dalam negeri tetapi juga dalam tataran global,” kata Maruf Amin saat membuka Rapat Pleno Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) di Ruang Mezzanine, Gedung Juanda I, Kementerian Keuangan, Jakarta, Senin (30/05/2022).

Rapat ini membahas inisiatif dan fokus capaian mengarah kepada percepatan untuk mewujudkan Pusat Produsen Halal Dunia. Antara lain terkait pembiayaan, sertifikasi, ekspor dan impor, Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS), Pusat Data Ekonomi Syariah serta riset halal.

Ma’ruf Amin menekankan untuk mengutamakan produk dalam negeri sebagai upaya mendorong peningkatan TKDN. Selain upaya untuk mengurangi ketergantungan pada barang impor dengan mendorong substitusi impor.

Dalam rapat tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan pada klaster Pengembangan Industri Produk Halal, kodifikasi data produk halal dengan perdagangan internasional (ekspor dan impor) telah berjalan dengan baik. Data ekspor produk Indonesia yang telah memiliki sertifikasi halal telah dapat diidentifikasi.

“Ke depan hal yang sama juga akan dilakukan pada data impor nasional,” kata dia.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Masa jabatan pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin genap 2 tahun pada 20 Oktober. Sejumlah pihak menyoroti kinerja Jokowi-Ma’ruf Amin. Sorotan datang dari sejumlah pihak, seperti parpol, pakar, lembaga survei, dan aktivis antikorupsi.


https://www.liputan6.com/bisnis/read/4974249/maruf-amin-dorong-peningkatan-tkdn-jangan-tergantung-impor

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi