Manuver Politik APDESI, Hasil Gerakan Elite di Lingkaran Jokowi?

3 April 2022, 0:05

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion, Dedi Kurnia Syah menduga ada pihak yang sengaja menggerakkan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) untuk mendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi) 3 periode.

“Bisa saja ada yang mengarahkan, sangat mungkin itu hasil arahan elite (di lingkaran Presiden Jokowi),” ungkap Dedi saat dihubungi AKURAT.CO, Sabtu (2/4/2022).

Baca Juga: Menggelegar! Sebut Jokowi dan Luhut, Suara Lantang Amien Rais: Tidak Boleh Lagi Dua Oknum Ini…

Dedi menilai, kalau benar itu terjadi maka etika politik elite tersebut telah rusak. Atas dasar itu, dia berharap agar Presiden Jokowi buka suara dan menegur jajaran di Kabinet Indonesia Maju yang mengeluarkan statement hingga menimbulkan kegaduhan.

Apalagi berkaitan dengan perubahan Undang-undang Dasar atau amandemen terkait juga dengan perubahan konstitusi ini,” terangnya.

Selain itu, Dedi meminta Presiden Jokowi tidak melakukan apapun terkait manuver yang dilakukan elite tadi. Sebab nantinya bisa ditafsir bahwa Jokowi menikmati atau merestui wacana penambahan masa jabatan presiden.

“Karena statement dukungan Jokowi 3 periode dari APDESI bisa dianggap makar konstitusi, karena merujuk pada orang untuk berupa melawan konstitusi, tetapi statement yang sama jika tidak mengarah pada orang, maka itu dibenarkan sebagai kebebasan menyampaikan aspirasi,” pungkasnya.

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.


https://m.wartaekonomi.co.id/read404637/manuver-politik-apdesi-hasil-gerakan-elite-di-lingkaran-jokowi?utm_source=direct

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi