Mafia Rumah Sakit Peru Tagih Pasien Covid-19 Rp300 Juta untuk Ruang ICU

22 July 2021, 13:38

Orang-orang menunggu di sebelah tabung oksigen yang kosong untuk diisi bagi pasien yang menderita penyakit virus corona (COVID-19), di luar pemasok oksigen swasta, di Lima, Peru, 25 Februari 2021. [REUTERS/Sebastian Castaneda]

TEMPO.CO, Jakarta – Polisi Peru mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka telah membongkar dugaan jaringan kriminal yang telah menagih sebanyak US$ 21.000 (Rp304 juta) per tempat tidur ICU untuk pasien Covid-19 yang sakit parah di rumah sakit yang dikelola negara, ketika Peru dilanda salah satu wabah virus paling mematikan di dunia.

Skandal korupsi seputar perawatan Covid-19 telah mengguncang tingkat kekuasaan tertinggi di Peru. Kemarahan atas tuduhan sebelumnya bahwa beberapa pejabat tinggi telah diberikan vaksinasi “VIP” mendorong menteri kesehatan dan luar negeri negara itu untuk mengundurkan diri awal tahun ini.

Rumah sakit yang terlibat dalam skandal yang lebih baru, yang dikelola oleh sistem jaminan sosial EsSalud, menyediakan perawatan gratis. Pasien harus menanggung daftar tunggu yang panjang untuk 80 tempat tidur ICU yang ditawarkan rumah sakit.

Selama puncak pandemi, banyak pasien membayar sejumlah besar uang ke klinik swasta ketika sistem publik hampir runtuh. Jumlah tempat tidur ICU yang tersedia sejak itu melonjak menjadi hampir 3.000 secara nasional, dibandingkan dengan hanya ratusan yang tersedia pada Maret tahun lalu, tetapi tempat tidur masih dalam permintaan tinggi di negara Andes.

Peru pada akhir Mei melipatgandakan jumlah kematian resminya akibat Covid-19 dan memimpin dunia dalam kematian per 100.000 penduduk akibat penyakit tersebut.

Baca juga: Tentang Covid-19 varian Lambda yang Menyedot Perhatian di Amerika Latin

REUTERS


https://dunia.tempo.co/read/1485981/mafia-rumah-sakit-peru-tagih-pasien-covid-19-rp300-juta-untuk-ruang-icu

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Statement

Fasum

Transportasi