Luhut Pandjaitan Tak Sejalan dengan Rakyat, Jokowi Dapat Syarat untuk Tetap Dihormati

2 April 2022, 16:37

PIKIRAN RAKYAT – Preside Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan satu syarat untuk bisa tetap dihormati saat Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan dianggap tidak sejalan dengan publik.

Hal tersebut terkait dengan upaya Luhut Pandjaitan untuk membuat publik percaya pada kepemimpinan Jokowi dan mengenai kampanye tiga periode yang pada saat ini sedang gencar dilakukan.

Dalam upanyanya untuk meraih tujuan tersebut, Luhut Pandjaitan berujar jika masyarakat Indonesia seharusnya bangga dipimpin oleh Jokowi.

Hal tersebut dinilai pengamat politik, Rocky Gerung jika cara Luhut Pandjaitan tidak sejalan dengan masyarakat.

Baca Juga: Inggris Mulai Rasakan Serangan ‘Perang Total’ ke Rusia, Siap-Siap Krisis Pasokan Gas

“Kontemplasi pak Luhut itu berbeda dengan kontemplasi publik atau masyarakat pada umumnya,” kata Rocky Gerung dikutip Pikiran-Rakyat.com dari YouTube miliknya.

Selain itu, Rocky Gerung juga mengungkapkan syarat yang harus penuhi Jokowi untuk tetap mendapatkan kehormatan meskipun telah lengser dari kursi kepresidenan.

“Pak Jokowi sebetulnya dianggap masih bisa dapat legacy kalau dia secara kuat datang dari hatinya, mengatakan dia tidak ingin dielu-elukan sebagai pemimpin yang seolah-olah harus memperpanjang kekuasaan. Kan itu sebetulnya,” ujar Rocky Gerung.

Langkah Luhut Pandjaitan dinilai salah dengan adanya ribuan kepala desa yang mendeklarasikan kebulatan tekad untuk mendukung Jokowi tiga periode.


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-014141543/luhut-pandjaitan-tak-sejalan-dengan-rakyat-jokowi-dapat-syarat-untuk-tetap-dihormati

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi