Luhut: Kita Mudah Membangun, tetapi Kadang-kadang Susah Memelihara

18 June 2021, 13:03

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memberikan sambutan secara virtual dalam pembukaan UKM Jabar Paten, Jakarta, Sabtu (3/4/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Edistasius Endi terus memelihara kebersihan lingkungan dan infrastruktur di wilayahnya.

Sebab, Luhut berpandangan, kondisi infrastruktur dan lingkungan di Puncak Waringin, Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT sudah mengalami banyak perbaikan saat ini.

“Saya titip Pak Bupati, karena Anda yang di sini ini, peliharalah kebersihannya karena ini menjadi tujuan wisata yang bagus. Kita mudah membangun tapi kadang-kadang susah memelihara,” ujar Luhut saat memberikan sambutan di acara “Bangga Buatan Indonesia Kilau Digital Permata Flobamora” yang disiarkan virtual, Jumat (18/6/2021).

Baca juga: Luhut Minta NTT Persiapkan Diri sebagai Lokasi Side Event KTT G20 Tahun 2022

Politisi Partai Golkar ini juga mengimbau Bupati Manggarai Barat aktif mengajak masyarakat merawat tanaman yang sudah ditanam di sekitar di wilayahnya.

Ia berharap tanaman-tanaman tersebut dipelihara agar tidak mati.

“Kemarin dan tadi pagi saya melihat pohon sudah ditanam bagus, ajaklah masyarakat yang punya toko di belakang itu menyiram pohon itu tiap pagi, tiap sore sehingga pohon itu tumbuh,” kata dia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam kesempatan yang sama, Luhut juga menyampaikan dana desa yang ada dapat digunakan untuk membuat pelatihan terkait digitalisasi khususnya terhadap pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

Baca juga: Sebut Mayoritas Obat di Dunia Diproduksi China, Luhut: Jangan Marah-marah Terus

Ia juga mengimbau bupati setempat tetap memperhatikan aspek teknis dalam rangka memajukan daerahnya.

“Biarlah masyarakat kita berdigitialisasi sehingga mereka tidak ada dibatasi oleh tengkulak-tengkulak lagi untuk mereka masuk pada tingkat nasional,” tutur Luhut.

“Saya mengapresiasi kerja keras kita semua, apa yang kita lakukan hingga hari ini harus menjadi cambuk buat kita untuk maju ke depan untuk lebih baik ke depannya,” kata dia.

Baca juga: Kesalnya Luhut, Tahu Impor Alat Kesehatan Masih Tinggi


https://nasional.kompas.com/read/2021/06/18/11564861/luhut-kita-mudah-membangun-tetapi-kadang-kadang-susah-memelihara

 

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi