Lirik Lagu Syukur Mengheningkan Cipta, Lengkap dengan Not Angka Pianika

16 August 2022, 11:47

Suara.com – Lagu Syukur adalah salah satu lagu kebangsaan yang biasa dinyanyikan saat momen mengheningkan cipta pada upacara Hari Kemerdekaan. Bagi yang ingin menghafal liriknya, berikut ini lirik lagu Syukur Mengheningkan Cipta dan not angka pianika.

Diketahui, pada saat upacara kenaikan bendera dalam rangka HUT RI 17 Agustus, umumnya upacara akan diwarnai dengan nyanyian lagu-lagu kebangsaan yang membangkitkan semangat.

Momentum upacara hari jadi bangsa Indonesia juga diwarnai dengan upacara penghormatan atas jasa dan kebesaran jiwa pahlawan dan segenap bangsa Indonesia yang telah memperjuangkan kemerdekaan.

Momen penghormatan tersebut dikenal dengan istilah mengheningkan atau moment of silence. Mengheningkan cipta adalah kegiatan berdiam diri untuk merenung, berdoa, memikirkan atau mengenang orang-orang yang telah gugur atau suatu peristiwa pilu dalam sejarah.

Baca Juga:
Lirik Lagu Indonesia Raya, Lengkap dengan Not Angka Pianika

Mengheningkan cipta dianggap sebagai salah satu bentuk gestur penghormatan, khususnya ketika berduka cita untuk orang-orang yang telah meninggal.

Dalam tradisi upacara di Indonesia khususnya upacara memperingati kemerdekaan RI ketika kegiatan mengheningkan cipta berlangsung maka anggota koor akan menyanyikan Lagu Syukur karya Husein Mutahar.

Lagu dengan ketukan diatonis ini mengandung makna yang sangat mendalam. Bait demi bait berisi penghormatan dan terima kasih kepada para pahlawana dan leluhur yang berpulang selama masa perjuangan kemerdekaan. Tak sedikit yang akan meneteskan air mata saat lagu ini dilantunkan.

Lagu Syukur termasuk dalam salah satu lagu wajib nasional. Lagu ini sering dinyanyikan pada saat upacara bendera, termasuk pada hari peringatan kemerdekaan Indonesia.

Apakah Anda sudah hafal lagu kebangsaan satu ini? Jika belum, berikut adalah lirik lagu Syukur Mengheningkan Cipta dan not angka pianika.

Baca Juga:
Lirik dan Chord Lagu 17 Agustus 1945 Hari Merdeka Ciptaan H Mutahar

Lirik Lagu Syukur dan Not Pianika

6. 6. 6. 6. 1 7. 6. 3 3 3 2 1 7. 2 1 7. 2 1 7.

Dari yakin ku teguh hati ikhlas ku penuh

6. 6. 3 2 1 7. 1 6 6 6 6 7 6 5 4 3 2

Akan karuniamu tanah air pusaka

5 5 5 6 5 4 3 2 1 7. 7. 3 2 1 7. 2 1 7. 1

Indonesia merdeka syukur aku sembahkan ke

3 2 1 7. 1 6

hadiratmu tuhan

Demikian informasi mengenai lirik lagu Syukur Mengheningkan Cipta dan not angka pianika. Bagi yang ingin coba menghafal not pianika Lagu Syukur, yuk coba pelajari not di atas. Semoga bermanfaat.

Kontributor : Ulil Azmi


https://www.suara.com/news/2022/08/16/114449/lirik-lagu-syukur-mengheningkan-cipta-lengkap-dengan-not-angka-pianika

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi