Lirik Lagu Indonesia Raya Ciptaan W.R Supratman, Dinyanyikan Saat Upacara Kemerdekaan 17 Agustus

17 August 2022, 7:37

PIKIRAN RAKYAT – Lirik lagu Indonesia Raya biasanya dinyanyikan saat upacara bendera pada acara formal seperti di sekolah, kantor pemerintahan, maupun kegiatan olahraga.

Namun hal yang paling spesial adalah saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan saat upacara bendera di hari kemerdekaan 17 Agustus.

Lagu Indonesia Raya ini diciptakan oleh seorang wartawan bernama Wage Rudolf Supratman atau biasa kita kenal dengan W.R Supratman.

Lagu Indonesia Raya pertama kali dikumandangkan saat Kongres Pemuda II pada 28 Oktober 1928 tepatnya di Hari Sumpah Pemuda.

Baca Juga: 17 Twibbon Tema HUT ke-77 RI Keren dan Gratis, Cocok Dipajang di Status WA, Facebook dan Instagram

W.R Supratman sempat beberapa kali ditahan dan disiksa oleh Belanda mengenai maksud lagu serta lirik Indonesia Raya yang ia ciptakan hingga akhirnya dia meninggal dunia pada 17 Agustus 1938.

Lagu Indonesia Raya memiliki makna yang cukup mendalam yaitu sebagai penyemangat dan pengingat bagi seluruh bangsa yang saat itu belum merdeka agar berjuang meraih kemerdekaan.

Berikut ini Pikiran-Rakyat.com sajikan lirik lagu Indonesia Raya karya W.R Supratman untuk dinyanyikan saat upacara hari kemerdekaan 17 Agustus.

Indonesia tanah airku,


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-015293411/lirik-lagu-indonesia-raya-ciptaan-wr-supratman-dinyanyikan-saat-upacara-kemerdekaan-17-agustus

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi