Liga 1: Tiga Fakta Seputar Turnamen Pramusim 2022

30 May 2022, 22:04

Pemain Persib Bandung Beckham Putra (kedua kanan) berusaha melewati pemain Persija Jakarta Baif Fatari (kanan) dan Marc Klok (ketiga kanan) pada pertandingan leg dua Final Piala Menpora di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Ahad, 25 April 2021. ANTARA/Mohammad Ayudha

TEMPO.CO, Jakarta – Federasi sepak bola Indonesia atau PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan menggelar turnamen pramusim. Turnamen tersebut merupakan ajang pemanasan sebelum Liga 1 musim 2022-2023 bergulir pada akhir Juli 2022.

Nantinya sebanyak 18 tim peserta Liga 1 akan mengikuti turnamen pramusim tersebut. Turnamen akan digelar pada 11 Juni hingga 17 Juli 2022.

Ada empat kota yang akan menjadi tuan rumah, yakni Solo, Samarinda, Bandung, dan Malang. Pengundian pembagian grup sudah dilakukan pada Ahad, 29 Mei 2022.

Babak penyisihan grup akan dimainkan pada 11 Juni hingga 28 Juni dengan jumlah pertandingan 32 laga. Kemudian babak perempat final akan berlangsung pada 1 Juli dan 2 Juli 2022 dengan format single match.

Semifinal menggunakan format kandang dan tandang yang akan digelar pada 6 Juli dan 10 Juli. Untuk babak final juga memakai sistem yang sama dan dimainkan pada 14 Juli dan 17 Juli.

Nantinya turnamen pramusim ini bisa dihadiri penonton langsung di stadion. “Turnamen pramusim ini akan menjadi contoh sepak bola kita dengan penonton sesuai dengan kapasitas PPKM di daerah setempat,” kata perwakilan penyelenggara, Sudjarno dikutip dari laman PT LIB.

Musim lalu, turnamen pramusim bernama Piala Menpora. Persija Jakarta tampil sebagai juara usai mengalahkan Persib Bandung di final. Untuk turnamen pramusim 2022 ini belum ada nama resmi yang dipakai.

Berikut 3 fakta seputar turnamen pramusim 2022:

1. Turnamen pramusim tahun ini semua peserta dari Liga 1 mengikutinya. Pada turnamen pramusim sebelumnya atau Piala Menpora, Persipura Jayapura tidak mengikutinya.

2. Turnamen pramusim 2022 bisa disaksikan langsung penonton di stadion.

3. Solo, Malang, dan Bandung kembali ditunjuk menjadi tuan rumah babak penyisihan grup. Tahun lalu, Sleman menjadi tuan rumah, sedangkan untuk tahun ini Samarinda yang memiliki kesempatan tersebut.

Berikut hasil undian turnamen pramusim:

Grup A di Solo

– Persis Solo
– PSIS Semarang
– Dewa United
– Persita Tangerang
– PSS Sleman

Grup B di Samarinda

– Borneo FC
– Barito Putera
– Persija Jakarta
RANS Cilegon FC (RANS Nusantara FC)
– Maruda United

Grup C di Bandung

– Persib Bandung
– Bhayangkara FC
– Bali United
– Persebaya Surabaya

Grup D di Malang

– Arema FC
– Tira Persikabo
– PSM Makassar
– Persik Kediri

Baca: Hasil Kongres PSSI: 4 Klub Liga 1 Berubah Nama, Ada RANS Nusantara FC


https://bola.tempo.co/read/1596611/liga-1-tiga-fakta-seputar-turnamen-pramusim-2022