Lapisan Tanah Lengkap dengan Penjelasannya

16 September 2021, 20:49

Lapisan Tanah Lengkap dengan Penjelasannya

Suara.com – Bumi yang saat ini kita pijaki terdiri beberapa unsur lapisan, di mana masing-masing struktur terdiri dari beberapa unsur. Salah satu lapisan bumi yang bersinggungan langsung dengan kehidupan manusia adalah lapisan tanah.

Tak dapat kita pungkiri bahwa tanah mengandung banyak sekali unsur-unsur yang bermanfaat bagi kehidupan kita yakni sebagai penunjang kehidupan, di antaranya adalah mineral, air, udara dan bahan organik lainnya.

Lapisan-lapisan Tanah

Setiap tanah yang ada di permukaan bumi tersusun dari beberapa lapisan penyusun, setiap lapisan penyusun dapat dikelompokkan dalam beberapa kategori berdasarkan bentuk, warna dan tekstur. Berikut adalah empat lapisan penyusun tanah:

Baca Juga:
Rangkuman Sengketa Tanah Rocky Gerung vs Sentul City, Orang Istana Hingga BPN Bicara

  1. Lapisan Atas
    Lapisan atas adalah lapisan terluar yang terdapat dalam sebuah struktur penyusun tanah, lapisan yang juga disebut dengan istilah top soil ini menjadi lapisan yang paling subur diantara lapisan-lapisan lainnya. Lapisan yang terletak hingga kedalaman 30cm menjadi bagian yang paling banyak ditumbuhi tanaman hidup.
  2. Lapisan Tengah Tengah
    Berlanjut pada lapisan selanjutnya, lapisan yang berada tepat di bawah lapisan top soil ini memiliki ketebalan antara 50 cm – 1 meter. Lapisan yang juga disebut sebagai tanah liat ini memiliki ciri warna yang lebih cerah dan struktur yang lebih padat dibandingkan dengan lapisan yang ada di atasnya. Lapisan tengah terbentuk dari endapan material dari lapisan top soil yang terbawa air dan mengalami pelapukan di dalam tanah.
  3. Lapisan Bawah
    Semakin menuju ke lapisan tanah yang lebih dalam, bagian ketiga penyusun lapisan tanah adalah lapisan bawah. Pada lapisan ini terkandung unsur batuan yang mulai melapuk dan tercampur dengan tanah endapan yang ada pada lapisan tanah liat.
  4. Lapisan Induk
    Kemudian lapisan terdalam dari penyusun tanah adalah unsur induk, lapisan ini tersusun dari material anorganik yang berasal dari pecahan batuan. Lapisan induk menjadi bagian penyusun tanah yang tidak memiliki humus.

Komponen Penyusun Tanah

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa tanah menjadi salah satu instrumen penting pada kehidupan yang ada pada permukaan bumi, hal tersebut dapat terjadi karena tanah terusun berdasarkan beberapa material. Berikut adalah komponen-komponen penyusun tanah yang perlu anda ketahui:

  1. Bahan Padat
    Perlu anda ketahui bahwa setiap tanah memiliki komponen dan komposisi yang berbeda, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti tekstur, suhu dan kadar air. Komponen pertama penyusun tanah adalah bahan padat, bahan padat terbentuk dari batuan yang terbentuk secara alami dari campuran mineral dan senyawa lain yang ada di dalam tanah. Contohnya adalah Kalium (K+), Kalsium (Ca2+), dan magnesium (Mg2+). Sedangkan contoh ion-ion negatif antara lain nitrat (NO3-), dan fosfat (H2PO4 2-).
  2. Bahan Organik
    Komponen selanjutnya adalah bahan yang berasal dari sisa hewan dan tumbuhan yang sudah mati kemudian diuraikan oleh bakteri dan jamur.
  3. Air dan Udara
    Komponen keempat adalah air dan udara, keduanya menjadi komponen yang terdapat dalam tanah yang subur, kedua komponen ini terdapat pada bagian rongga atau pori-pori tanah.
  4. Sifat Tanah
    Sifat tanah adalah kandungan mineral yang bersifat kimia dan fisika yang dimiliki oleh tanah, umumnya mencakup sifat tekstur, struktur, porositas dan warna tanah.

Demikian adalah ulasan tentang lapisan penyusun dan komponen yang ada di dalam tanah, semoga dapat memberikan wawasan pengetahuan baru untuk anda terkait dengan pengetahuan terhadap alam sekitar.

Kontributor : Dhea Alif Fatikha

Baca Juga:
Longsor di Jalan Jelawat Samarinda, 5 Rumah dan 1 Mushola Jebol


https://www.suara.com/news/2021/09/16/195323/lapisan-tanah-lengkap-dengan-penjelasannya

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi