Lacak pada Tataran Populasi

13 January 2022, 8:32

JAKARTA – Pemerintah didorong menaikkan pelacakan kasus penularan Covid-19 varian Omivron pada tataran populasi menyusul transmisi lokal yang kian bertambah di Tanah Air. Usul ini disampaikan pakar ilmu kesehatan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Prof Tjandra Yoga Aditama, di Jakarta, (Rabu (12/1).

“Kasus Omicron terus meningkat baik secara global mupun Indonesia. Kita harapkan peningkatan kasus dapat dikendalikan,” kata Tjandra Yoga Aditama. Mantan Direktur Penyakit Menular WHO Asia Tenggara itu mengatakan, pengendalian Omicron dapat dimulai dengan pelacakan transmisi lokal melalui mencari sumber penularan.

“Bukan hanya mereka menularkan ke mana. Kalau tahu sumber awalnya, maka bisa dicek ke mana saja sumber awal itu sudah menularkan. Semuanya diisolasi,” katanya. Berikutnya meningkatkan jumlah tes di level populasi untuk mendeteksi orang tanpa gejala (OTG) dan segera dilakukan isolasi pada fasilitas yang telah disediakan pemerintah.

“Karena banyak kasus OTG dan hanya ditemukan waktu tes, maka jumlah tes penduduk harus lebih ditingkatkan,” katanya. Guru Besar Paru FKUI itu juga mendorong pengawasan pelaku perjalanan luar negeri harus terus diperketat.

Kemudian, melalui mekanisme Regulasi Kesehatan Internasional (Internasional Health Regulation (IHR) sampaikan informasi ke negara asal varian Omicron. Tujuannya agar juga dilakukan testing dan tracing dari kemungkinan sumber penular di negara tersebut.
Halaman Selanjutnya….


Redaktur : Aloysius Widiyatmaka

Penulis : Antara


https://koran-jakarta.com/lacak-pada-tataran-populasi

Partai

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi