Kunci Sukses Bisnis Masa Kini ala Para Pemilik Toko Kelontong, Apa Saja?

16 August 2022, 19:06

Kunci Sukses Bisnis Masa Kini ala Para Pemilik Toko Kelontong, Apa Saja?

Pepatah ini mungkin cocok untuk menggambarkan pengalaman ketiga pemilik toko kelontong yang bergabung dengan Sampoerna Retail Community (SRC) ini yang selalu berinovasi dalam menjalankan bisnisnya.

Beberapa dari mereka adalah Adi Widodo, pemilik Toko SRC Nikimura; Susmiatiningsih, pemilik Toko SRC Cemara Tujuh; dan Agus Budy Setiawan, pemilik Toko SRC Indra Jaya.

Yuk, simak kisah perjuangan Adi, Susmiatiningsih, dan Agus merintis bisnis toko kelontong hingga akhirnya sukses.

Sempat jualan es keliling, kini bisnis toko kelontong dan punya dua rumah

Saat mulai merintis usaha sendiri, jalan yang dilalui Adi tak mudah. Ia pernah berjualan es keliling yang kala itu harganya Rp1.000 per buah. Meski penuh tantangan, ia tak putus harapan. 

Awalnya, toko masih dikelola secara tradisional. Penataan toko belum rapi, barang-barang dagangan masih digantung di berbagai sisi toko. Akhir tahun 2014, Adi bergabung dengan SRC dan sejak itu ia mulai melakukan pembenahan. 

Selama dua tahun terakhir, Adi dan istrinya mulai beradaptasi dengan perkembangan zaman dan beralih ke pelayanan secara digital. Proses yang dijalani perlu kesabaran dan ketekunan. 

Adi percaya, hasil tak akan mengkhianati usaha. Itu pula yang terjadi kini. Toko SRC Nikimura semakin berkembang. Bahkan, Adi kini sudah memiliki dua rumah yang didapatkan dari hasil bisnis toko kelontong.

Cerita Toko SRC Cemara Tujuh, berawal dari garasi rumah

“Kalau diingat-ingat, saat awal dulu, toko saya masih tradisional sekali. Di garasi, motor harus keluar-masuk saat mau buka toko. Penataan juga masih berantakan sekali,” kata Ningsih.


https://www.tribunnews.com/bisnis/2022/08/16/kunci-sukses-bisnis-masa-kini-ala-para-pemilik-toko-kelontong-apa-saja

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi