Kukuhkan Hak Cipta ‘Ojo Dibandingke, Menkumham: Farel Berhak Menerima Royalti

19 August 2022, 7:46

https: img.okezone.com content 2022 08 19 337 2650402 kukuhkan-hak-cipta-ojo-dibandingke-menkumham-farel-berhak-menerima-royalti-0vl6dCpEBL.jpg

JAKARTA – Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham RI) mengukuhkan hak cipta atas lagu ‘Ojo Dibandingke’ ciptaan Agus Purwanto atau yang sering dikenal sebagai Abah Lala.

Pengukuhan tersebut, setelah lagu tersebut dinyanyikan oleh Farel Prayoga pada saat upacara perayaan HUT RI ke 77 di Istana Negara, Jakarta Pusat.

 (Baca juga: Hormat Grak! Jadi Menteri Pertama yang Joget Ojo Dibandingke, Ini Momen Prabowo Minta Izin ke Jokowi)

“Ini Abah Lala ini perannya sangat sentral kalau tidak diciptakan sama Abah Lala ini Farel tidak bisa menyanyikan ‘Ojo Dibandingke’, nah ini sekarang Abah Lala terima kasih, ini hak pencipta pencatatan berlaku selama hidup pencipta terus berlangsung, selama 70 tahun setelah pencipta pergi, meninggal dunia. Jadi selama-lamanya, terima kasih,” ujar Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly di Golden Ball Room, Kamis (18/8/2022).

Dengan adanya pengukuhan hak cipta pada lagu tersebut, nantinya setiap orang yang menyanyikan atau membawa lagu tersebut harus membayar royalti kepada sang pencipta lagu yakni, Abah Lala.

“Ini hak pencipta, biasanya yang taken hak cipta itu cukup Dirjen, Direktorat hak cipta, ini menteri yang teken langsung,” ujarnya

“Apalagi ini lagu viral supaya dia dapat perlindungan Hak Kekayaan Intelektualnya, kalau suatu saat ada yang mau pakai lagu itu royalty kepada pencipta ada. Nanti LMKN yang urus itu ya, LMKN kita yang urus itu,” sambungnya.

Selain itu, Yasonna juga mengatakan penampilan Farel di Istana pada saat membawakan lagu tersebut juga sudah didaftarkan hak Kekayaan Intelektualnya, sehingga Farel berhak menerima Royalti saat ada seseorang menggunakan penampilannya.

“Jadi ini sudah Hak Kekayaan untuk performance di Istana Negara ini, temen-temen kalau sudah mau ambil pakai penampilan itu bayar, dia punya hak Kekayaan Intelektual ada royalti nya nanti masuk LMKN ya. Jadi nanti ada royalti jadi jangan sembarangan kutip di YouTube sudah kita kasih haknya,” tutupnya.


https://nasional.okezone.com/read/2022/08/19/337/2650402/kukuhkan-hak-cipta-ojo-dibandingke-menkumham-farel-berhak-menerima-royalti?page=1

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Transportasi