Kreasi Anak Difabel Meriahkan Hari Peduli Autisme Sedunia di Bandung

2 April 2022, 10:03

Pertunjukan musik siswa Artherapy Centre (ATC) Widyatama dalam peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia pada Jumat, 1 April 2022 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat. Dok. ATC

TEMPO.CO, Bandung – Kreasi anak difabel memeriahkan peringatan Hari Peduli Autisme Sedunia 2 April di Bandung. Artherapy Centre Widyatama atau ATC Widyatama bersama Trans Hotel Group dan CT ARSA Foundation menggelar acara bertajuk “Creating an Autism Friendlier Environment”.

“Pameran dan bazar karya berlangsung sepanjang April 2022,” kata Dadi Firmansyah, Direktur Artherapy Centre Widyatama setelah pembukaan di The Trans Luxury Hotel Bandung pada Jumat, 1 April 2022. Menurut Dadi, membangun inklusivitas tidak sekadar kepedulian, tetapi perlu memahami berbagai aspek dan mengenal ragam disabilitas beserta berbagai karakteristiknya.

Upaya itu memerlukan dukungan dari pemerintah, lembaga pendidikan, industri, dan seluruh lapisan masyarakat. “Artherapy Center Widyatama adalah lembaga pendidikan bagi difabel agar mereka memiliki kemampuan berkarya yang memiliki nilai jual,” ujar Dadi. Mereka menggaet kerja sama dengan para pelaku industri.

Pameran karya siswa disabilitas selama April 2022 di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat. Dok. ATC

Melalui peringatan Hari Kepedulian Autisme Sedunia, kata Dadi, gerakan bersama ini untuk memberikan kesempatan yang setara agar mampu bersaing di masyarakat maupun industri. Artherapy Center Widyatama menerapkan terapi seni oleh orang tua, pendidik, maupun terapis difabel bagi perkembangan penyandang disabilitas.

Rangkaian program acara Hari Peduli Autisme Sedunia itu seperti pertunjukan musik, pameran karya lukis dan kriya, penjualan cenderamata, hingga pelatihan bagi para pekerja tentang kepedulian terhadap autisme. Ada juga acara buka puasa bersama anak-anak kurang mampu, Give Back Friday, dan lain-lain. Kerja sama selama empat kali itu kini juga melibatkan Creative Business of Difable Community (CidCo), sebuah inkubator bisnis yang mendorong seluruh anggotanya untuk terus berkarya.

General Manager The Trans Luxury Hotel, Farid Patria mengatakan, menyebarkan kepedulian tentang autisme merupakan kegiatan yang sangat penting. Alasan khususnya, anak para tamu keluarga ada yang memiliki spektrum autistik.

Bazar karya siswa disabilitas Artherapy Centre (ATC) Widyatama di The Trans Luxury Hotel Bandung, Jawa Barat. Dok. ATC

Sebagai hotel yang sangat mendukung inklusivitas, pihaknya memberikan ruang bagi anak berkebutuhan khusus untuk berkarya dan memamerkan kreasinya. “Kami memberikan pelatihan khusus bagi karyawan mengenai autisme,” ujar Farid lewat keterangan tertulis, Jumat 1 April 2022.

Dia berharap program acara itu menjadi langkah nyata untuk terus menyuarakan kepedulian tentang autisme sehingga muncul pemahaman di masyarakat. Lebih lanjut, dia berharap dapat menciptakan lingkungan yang ramah autisme.

Baca juga:
Wisata ke De Tjolomadoe, Pabrik Gula Kuno yang Terakses Bagi Wisatawan Tunanetra

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Tempo.co Update untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram lebih dulu.


https://difabel.tempo.co/read/1577619/kreasi-anak-difabel-meriahkan-hari-peduli-autisme-sedunia-di-bandung

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi