KPK Bidik Para Penikmat Duit Haram Dana Bergulir Fiktif LPDB-KUMKM

8 June 2022, 11:02

RM.id  Rakyat Merdeka – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menjerat pihak-pihak yang turut menikmati duit hasil korupsi penyaluran dana bergulir fiktif oleh lembaga pengelola dana bergulir lembaga koperasi, usaha mikro, kecil dan menengah (LPDB-KUMKM) pada 2012 dan 2013 di Jawa Barat.

“Ini kami dalami siapa saja pihak diduga turut menikmati uang yang seharusnya dipergunakan atau digulirkan oleh pelaku UMKM,” ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu (8/6).

Dituturkannya, perbuatan rasuah yang dilakukan pihak-pihak tersebut, mengakibatkan banyak UMKM yang tidak mendapatkan dana bergulir tersebut.

Berita Terkait : KPK Bakal Kembangkan Dugaan Korupsi Penyaluran Dana Bergulir Fiktif LPDB-KUMKM Di Wilayah Lain

“Saya kira banyak UMKM yang harusnya mendapatkan dana bergulir itu tapi diduga kemudian ada oknum-oknum tertentu yang menikmati uang pencairan dari LPDB tadi,” sesalnya.

Untuk mengembangkan kasus tersebut, KPK akan menggali informasi dari sejumlah saksi yang akan dipanggil. “Dari sana nanti kami kembangkan proses pencairan dana bergulir ini, yang saya kira cukup besar jumlahnya, miliaran rupiah,” tutur jubir berlatarbelakang jaksa itu.

Untuk diketahui, KPK telah meningkatkan kasus dugaan korupsi ini ke tahap penyidikan. Peningkatan status itu disertai dengan penetapan tersangka.

Berita Terkait : Dua Eks Kadiv Bisnis LPDB-KUMKM Tak Penuhi Panggilan KPK

Namun, Ali belum mau mengungkapkannya secara gamblang siapa saja pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka dalam perkara rasuah ini.

“Terkait siapa saja pihak-pihak yang ditetapkan sebagai tersangka, uraian perbuatan tindak pidana korupsi hingga dugaan pasal yang disangkakan, saat ini belum dapat kami sampaikan,” ujar Ali, Senin (6/6).

 

LPDB-KUMKM berada di bawah koordinasi Kementerian Koperasi dan UKM. Lembaga ini diberikan mandat oleh kementerian Koperasi dan UKM untuk mendistribusikan dan mengelola dana APBN yang diperuntukkan khusus pelaku koperasi maupun usaha mikro kecil dan menengah.

Berita Terkait : KPK Sudah Tetapkan Tersangka Penyaluran Dana Bergulir Fiktif Kemenkop UKM, Siapa?

KPK menduga, penyaluran dana bergulir pada tahun pada 2012 dan 2013 di Jawa Barat fiktif. Kegiatan fiktif itu diduga merugikan keuangan negara hingga ratusan miliar. ■


https://rm.id/baca-berita/nasional/127550/kpk-bidik-para-penikmat-duit-haram-dana-bergulir-fiktif-lpdbkumkm

 

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Fasum

Transportasi