Korban Selamat KM Ladang Pertiwi Jadi 31 Orang

30 May 2022, 14:40

KBRN, Jakarta: Tim pencari dan penyelamat (SAR) hari ini kembali menemukan korban selamat dari peristiwa tenggelamnya KM Ladang Pertiwi 02 di perairan Selat Makassar. Sehingga, jumlah korban selamat menjadi 31 orang, dan 11 orang masih dicari.

Tambahan korban selamat tersebut disampaikan Kepala Basarnas Sulsel Djunaidi. Sebelumnya diumumkan, hingga Senin pagi jumlah korban selamat yang berhasil dievakuasi sebanyak 21 orang. Djunaidi menjelaskan, pada Senin siang Basarnas Sulsel mendapat laporan dari lapangan bahwa 10 orang korban lagi telah diselamatkan nelayan, dan telah dievakuasi ke Pulau Pamantauan.

Dengan bertambahnya korban selamat, masih ada 11 orang penumpang lagi yang masih dicari.  

Sementara, Kepala Dinas Penerangan TNI-AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Julius Widjojono mengatakan, dalam upaya pencarian tersebut, TNI-AL mengerahkan lima kapal. Kapal-kapal yang dikerahkan tersebut adalah KRI Sultan Hasanuddin-366, KRI Malahayati-362, KRI Mandau-621, KRI Pulau Rupat–712, dan KAL Suluh Pari II–6–60, serta Pesud Cassa U-6207. 

Julius menjelaskan, pada Minggu (29/5/2022) pagi, KRI Sultan Hasanuddin-366 berhasil mengevakuasi dua orang yang diselamatkan MV Pearl Orchid. Korban selanjutnya dievakuasi menuju pangkalan terdekat yaitu Lanal Kota Baru.

“Kemudian diangkut menggunakan Pesawat TNI AL U-6207 menuju Makassar. TNI AL menambah kekuatan tim SAR dengan KRI MLH-362, di mana KRI tersebut bertugas sebagai Koordinator Operasi SAR,” ungkapnya. 

Selain itu, unsur KRI MDU-621 dan KRI PRP-712 akan melaksanakan bekal ulang sebelum menempati Sektor SAR. Dari sektor patroli udara, unsur Pesud U-6207 terus melaksanakan dukungan pencarian korban dari udara. Beberapa tanda-tanda yang dapat ditemukan saat ini di lokasi kejadian adanya serpihan dan tumpahan minyak yang diduga berasal dari KM Ladang Pertiwi 02.

Aksi cepat tanggap unsur-unsur KRI dan Pesud TNI AL dalam setiap kejadian di mana pun sesuai dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono agar segera memberikan bantuan terhadap kesulitan rakyat dengan mengoptimalkan segala kemampuan yang dimiliki, sehingga keberadaan Prajurit TNI AL bermanfaat bagi masyarakat sekelilingnya.

KM Ladang Pertiwi 02 tenggelam di perairan Selat Makassar, Kamis (26/5) pukul 13.30 Wita. Kapal diduga kehabisan bahan bakar ketika memasuki perairan Selat Makassar. Selain itu, tenggelamnya KM Ladang Pertiwi juga diduga akibat cuaca buruk di sekitar Sulawesi Selatan.


https://rri.co.id/nasional/peristiwa/1473122/korban-selamat-km-ladang-pertiwi-jadi-31-orang?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Negara

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi