Korban Banjir Bandang di Parigi Sulteng Terima Bantuan

16 August 2022, 20:43

KBRN, Parimo: Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Sentra Nipotowe Palu mendistribusikan paket bantuan, untuk masyarakat terdampak banjir bandang. Sebelumnya banjir bandang melanda Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng). 

“Kami langsung merespon cepat dampak bencana banjir bandang dalam bentuk pendistribusian paket bantuan kepada masyarakat biasa. Serta kepada warga berkebutuhan khusus,” kata Kepala Sentra Nipotowe Kemensos, Nursyamsu, di Palu, Selasa (16/8/2022). 

Ia menjelaskan, ada 10 item bantuan yang sudah tersalurkan secara bertahap untuk masyarakat terdampak. Yakni 300 lembar selimut, 200 lembar kasur, 100 lembar matras, dan 104 paket makanan anak-anak. 

Selanjutnya 200 paket makanan siap saji yang masih terus berlangsung, 100 paket perlengkapan perempuan. 100 paket makanan bayi berusia lima tahun (balita), serta 100 paket perlengkapan bayi. 

“Sampai hari ini kami masih bergerak untuk menambah satu unit tenda serbaguna, juga lima unit tenda keluarga. Kami akan tetap memantau sekaligus menjamin kebutuhan pokok masyarakat yang terdampak banjir bandang sampai selesai masa tanggap darurat,” ucapnya. 

Nursyamsu mengatakan, warga berkebutuhan khusus menjadi fokus penanganan di lokasi banjir bandang. Selanjutnya terhadap ibu sebagai orang tua tunggal, anak-anak, serta orang tua lanjut usia (lansia). 

Hasil pendataan dilakukan pascabencana banjir bandang 28 Juli 2022, terdapat tiga korban jiwa, empat orang hilang, 1.459 jiwa dari 507 KK terdampak. 63 rumah warga rusak, yakni 32 unit rumah rusak berat, 21 rumah rusak ringan, dan 10 rumah hilang tersapu.

Sementara banjir susulan 14 Agustus 2022, membuat 390 jiwa warga Torue kembali mengungsi ke posko-posko yang sudah tersedia. “Berdasarkan data itu tidak akan ada yang terlewatkan objek tersebut, karena penanganannya terlaksana secara runut melibatkan tagana,” ujar Nursyamsu.


https://rri.co.id/daerah/1585209/korban-banjir-bandang-di-parigi-sulteng-terima-bantuan?utm_source=news_main&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General%20Campaign

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Provinsi

Negara

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi