Kontributor Reuters di Ukraina Gugur di Medan Perang

3 April 2022, 10:03

Maksim Levin. REUTERS

TEMPO.CO, Jakarta – Maksim Levin, seorang fotografer dan videographer, gugur saat meliput berita perang di Ukraina. Jasadnya ditemukan di sebuah desa di wilayah utara Ibu Kota Kyiv pada 1 April 2022.

Levin kelahiran 1981. Kepergiannya meninggalkan satu orang istri dan empat anak. Dia bekerja untuk sebuah situs berita online di Ukraina bernama LB.ua dan menjadi kontributor untuk Reuters.

Seorang wanita melihat kendaraan tempur infanteri udara BMD-2 yang hancur saat serangan Rusia di Ukraina berlanjut, di kota Bucha, di wilayah Kyiv, Ukraina, 1 April 2022. REUTERS/Oleksandr Ratushniak

Kabar kematian Levin diwartakan oleh medianya sendiri, LB.ua pada Sabtu, 2 April 2022. Sebelum ditemukan tak bernyawa, Levin bertugas di desa Huta Mezhyhirska, di mana di kawasan itu target penembakan.

Kantor Kejaksaan di Ukraina mengatakan Levin dibunuh oleh tentara Rusia dengan dua kali tembakan dari senjata kecil. Namun laporan itu belum bisa diverifikasi secara independen.

“Kami sungguh sedih mendengar kematian Maksim Levin, kontributor lama kami untuk Reuters di Ukraina. Maks sejak 2013 berkontribusi memberikan foto-foto dan video yang bagus-bagus ke Reuters dari Ukraina. Kematiannya adalah sebuah kehilangan besar bagi dunia jurnalisme. Belasungkawa kami untuk keluarga yang ditinggalkan,” kata John Pullman, managing editor bidang visual Reuters.

       

Sumber: Reuters

Baca juga: Wartawan Australia Kena Kasus Hukum di Cina 

Selalu update info terkini. Simak breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate untuk bergabung. Anda perlu meng-install aplikasi Telegram terlebih dahulu.  


https://dunia.tempo.co/read/1577872/kontributor-reuters-di-ukraina-gugur-di-medan-perang

Tokoh

Partai

Institusi

K / L

BUMN

NGO

Organisasi

Perusahaan

Kab/Kota

Topik

Kasus

Agama

Brand

Club Sports

Event

Grup Musik

Hewan

Tanaman

Produk

Statement

Fasum

Transportasi